UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB)

PUSPITASARI, FINA (2011) HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-finapuspit-21207-PENDAHUL-N.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-finapuspit-21207-BAB+I.pdf

Download (67kB) | Preview

Abstract

Era globalisasi selalu ditandai dengan terjadinya perubahan-perubahan pesat pada kondisi ekonomi secara keseluruhan. Sumber daya manusia merupakan faktor penting dalam pencapaian keberhasilan tersebut. Sumber daya manusia perlu dikembangkan secara terus-menerus agar diperoleh sumber daya manusia yang optimal agar mampu menghasilkan sumber daya yang mampu bersaing dalam dunia industri. Melalui pengembangan karier yang memberikan kesempatan untuk memperoleh peningkatan karier dari suatu pekerjaan merupakan pendorong yang penting bagi karyawan untuk berprestasi tinggi dalam rangka memenuhi kebutuhan serta tujuan kariernya dan hal tersebut akan memberikan kepuasan bagi karyawan tersebut. Dengan perasaan puas akan membuat karyawan tersebut menjadi bersemangat untuk berkerja dengan porsi yang lebih tinggi, tidak hanya sesuai dengan deskripsi pekerjaan saja tetapi juga melakukan kegiatan diluar deskripsi kerjanya (OCB). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepuasan terhadap pengembangan karier dengan OCB. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen dengan judul "Hubungan antara Kepuasan terhadap Pengembangan Karir dengan OCB". Populasi dari penelitian ini yang akan menjadi sampel adalah karyawan bagian purchasing, marketing, accounting yang berjumlah 50 orang. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan skala, yaitu skala kepuasan terhadap pengembangan karir dengan OCB. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah analisis uji beda dengan menggunakan product moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui (r = 0,408) dengan p = 0,003 yang berarti bahwa kepuasan terhadap pengembangan karir yang ada pada karyawan memiliki hubungan yang bermakna dengan OCB. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan terhadap pengembangan karir yang tinggi maka akan diikuti dengan OCB yang tinggi, begitu pula sebaliknya jika kepuasan terhadap pengembangan karir rendah maka akan diikuti OCB yang rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 13 Jun 2016 02:38
Last Modified: 13 Jun 2016 02:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31850

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo