UMM Institutional Repository

PERBANDINGAN PERBAIKAN PERILAKU HIPERAKTIF PADA ANAK AUTISME YANG MENDAPATKAN TERAPI KOMBINASI METILFENIDAT DAN TERAPI NON FARMAKOLOGI DENGAN TERAPI NON FARMAKOLOGI

FEBRIANTI, KEKE TRI (2011) PERBANDINGAN PERBAIKAN PERILAKU HIPERAKTIF PADA ANAK AUTISME YANG MENDAPATKAN TERAPI KOMBINASI METILFENIDAT DAN TERAPI NON FARMAKOLOGI DENGAN TERAPI NON FARMAKOLOGI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-keketrifeb-24245-BAB+1.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-keketrifeb-24245-PENDAHUL-N.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Febrianti, Keke Tri, 2011. Perbandingan Perbaikan Perilaku Hiperaktif pada Anak Autisme yang Mendapatkan Terapi Kombinasi Metilfenidat dan Terapi Non Farmakologi dengan Terapi Non Farmakologi, Karya Tulis Akhir, Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Malang. Pembimbing : ( I ) Iwan Sys Indrawanto ( II ) Pertiwi Febriana Chandrawati Latar Belakang:. autisme didefinisikan sebagai gangguan perkembangan dengan tiga ciri utama, yaitu gangguan pada interaksi sosial, gangguan pada komunikasi, dan gangguan perilaku. Jumlah penyandang autisme dari tahun ke tahun terus meningkat pesat. Tujuan terapi pada anak autisme adalah untuk mengurangi masalah perilaku serta meningkatkan kemampuan belajar dan perkembangannya. Metilfendiat merupakan obat golongan psikostimulan umumnya juga digunakan untuk anak dengan gangguan pemusatan perhatian atau hiperaktif serta mengurangi gejala impulsif pada anak autisme. Tujuan: Mengetahui perbandingan perbaikan perilaku hiperaktif pada anak autisme yang mendapatkan terapi kombinasi metilfenidat dan terapi non farmakologi dengan terapi non farmakologi. Metode: Menggunakan observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kuesioner skala Werry Weiss Peters (WWP). Data disajikan dalam bentuk tabel frekuensi. Analisis menggunakan uji t tidak berpasangan. Hasil penelitian dan diskusi: Jumlah penyandang autisme di sekolah A Plus Malang berjumlah 28 anak. Jenis terapi yang diberikan di sekolah A Plus malang selain obat metilfenidat adalah adalah terapi Okupasi, perilaku, wicara, akademik dan sensori. Dari hasil uji t-test tidak berpasangan didapatkan nilai F = 5.625 dengan nilai signifikansi (p) =0.039. karena nilai p<α 0.05 maka data tersebut variansnya sama. Dari tabel tersebut juga didapatkan nilai t=2.739 dengan nilai signifikansi 0.021. Karena nilai p<α 0.05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Yang berarti ada perbedaan perbaikan perilaku hiperaktif yang signifikan (bermakna) pada anak autisme yang mendapatkan terapi kombinasi metilfenidat dan terapi non farmakologi dengan terapi Non farmakologi Kesimpulan: Ada perbedaan perbaikan perilaku hiperaktif yang signifikan pada anak autisme yang mendapatkan terapi kombinasi metilfenidat dan terapi non farmakologi dengan terapi non farmakologi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine (11201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 10 Jun 2016 06:39
Last Modified: 10 Jun 2016 06:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31790

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo