UMM Institutional Repository

ANALISIS EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT

INDRIYANI, UMA (2012) ANALISIS EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--umaindriya-27673-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--umaindriya-27673-2-babi.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui prosedur pemberian kredit pada BPR Charis Utama Tuban dan untuk mengetahui tingkat efektivitas dan efisiensi penerapan prosedur pemberian kredit ditinjau dari jumlah kredit yang diberikan pada BPR Charis Utama Tuban. Metode analisis data yang digunaka yaitu menggunakan lintas waktu (time series approach) dan metode lintas seksi/ industri (cross section) yaitu dengan membandingkan prosedur pemberian kredit yang diterapkan oleh BPR Charis Utama Tuban dengan pelaksanaan dan mengukur tingkat efektivitas dan efisiensi. Berdasarkan hasil perhitungan tingkat efektivitas atas kredit yang diberikan oleh BPR Charis Utama Tuban menunjukkan bahwa pada tahun 2009 sampai 2010 menunjukkan hasil yang efektif. Berdasarkan hasil perbandingan antara anggaran dan realisasi tingkat pencapaian keuntungan/ laba dengan anggaran dan realisasi kredit yang diberikan kepada nasabah BPR Charis Utama Tuban menunjukkan adanya kecenderungan mengalami penurunan. Saran yang diajukan dalam penelitian ini diharapkan pihak pengelola selalu melakukan legalitas permohonan kredit yang diajukan oleh calon debitur. Kebijakan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menghindari terjadinya permasalahan terkait dengan pemberian kredit yang dilakukan. Diharapkan pihak pengelola untuk melakukan perencanaan kredit yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan kinerja BPR secara keseluruhan. Selain itu perlu untuk lebih mengefektifkan penerapan kebijakan pemberian kredit sesuai dengan kebijakan pemberian kredit yang telah ditetapkan oleh BPR. Diharapkan para petugas lapangan lebih meningkatkan dan menjaga hubungan baik dengan masyarakat terutama nasabah dan debitur sehingga dapat mendukung usaha BPR untuk meningkatkan kinerja yang akan dicapai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (61201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 09 Jun 2016 06:54
Last Modified: 09 Jun 2016 06:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31720

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo