UMM Institutional Repository

ANALISIS SEGMENTASI KONSUMEN KERETA API GAJAYANA MENURUT KARATERISTIK DEMOGRAFI, PSIKOGRAFI DAN PERILAKU

PRAYOGA, SEPTYAN PRIMA (2012) ANALISIS SEGMENTASI KONSUMEN KERETA API GAJAYANA MENURUT KARATERISTIK DEMOGRAFI, PSIKOGRAFI DAN PERILAKU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--septyanpri-27681-2-babi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--septyanpri-27681-1-pendahul-n.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

KA Gajayana merupakan diversifikasi produk PT KAI yang menawarkan jasa transportasi untuk kalangan eksekutif. Kereta api melewati jalur selatan P. Jawa, berjarak tempuh terjauh dan melewati lima provinsi. Dalam suatu bisnis jasa, perusahaan harus mampu mengenal pasar. Pada sisi lain, pemasaran yang berhasil tanpa segmentasi pasar tidak akan mampu berlangsung lama. Untuk itu perlu dideskripsikan dan ditentukan segmentasi konsumen pengguna KA Gajayana berdasarkan aspek demografi, psikografi dan perilaku konsumen. Segmentasi pasar merupakan proses membagi sebuah pasar ke segmen-segmen atau kelompok-kelompok yang bermakna, relatif sama dan dapat diidentifikasi. Segmentasi ini menjadikan pembagian pasar ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan variabel-variabel demografi, psikografi dan perilaku. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya merupakan penelitian noneksperimen. Populasi penelitian ini adalah konsumen KA Gajayana. Jumlah sampel ditetapkan secara quota sampling, sebanyak 100 orang dengan model pengambilan secara insidental sampling. Batasan lain dari sampel adalah bukan konsumen yang berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa serta berusia di atas 17 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan penggunaan instrumen kuesioner. Kuesioner dikembangkan oleh peneliti dengan model skala sikap Likert. Skala sikap Likert yang digunakan berupa pemilihan jawaban atas lima alternatif jawaban yaitu jawaban (1) Sangat Setuju (SS), (2) Setuju (S), (3) Ragu-ragu (R), (4) Tidak Setuju (TS) dan (5) Sangat Tidak Setuju (STS). Responden diminta memberikan kesetujuan atau ketidaksetujuannya atas pernyataan-pernyataan pada tiap butir kuesioner. Untuk mendeskripsikan dan menentukan segmentasi konsumen pengguna KA Gajayana digunakan analisis fuzzy c-means clustering, yaitu suatu teknik pengelompokan data yang keberadaan tiap-tiap titik data dalam suatu cluster ditentukan oleh derajat keanggotaan. Seluruh analisis menggunakan bantuan komputer melalui program SPSS for Window ver 11.00.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (61201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 09 Jun 2016 06:40
Last Modified: 09 Jun 2016 06:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31715

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo