UMM Institutional Repository

PENGARUH MADU TOPIKAL TERHADAP PENINGKATAN KECEPATAN PENYEMBUHAN LUKA BAKAR GRADE IIA PADA TIKUS PUTIH (Rattus novergicus Strain Wistar)

PRASETIANI, LILING DESTA (2011) PENGARUH MADU TOPIKAL TERHADAP PENINGKATAN KECEPATAN PENYEMBUHAN LUKA BAKAR GRADE IIA PADA TIKUS PUTIH (Rattus novergicus Strain Wistar). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-lilingdest-24048-BAB+1.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-lilingdest-24048-PENDAHUL-N.pdf

Download (483kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Luka bakar grade IIA ini terjadi kerusakan yang mengenai bagian epidermis dan lapisan yang lebih dalam yaitu atas dari corium/dermis. Luka bakar apabila tidak tertangani dengan baik akan mengakibatkan komplikasi dan juga akan meninggalkan bekas luka. Madu bisa menjadi alternatif baru yang dapat digunakan untuk pengobatan luka bakar. Madu merupakan bahan alami dengan banyak manfaat, murah serta mudah di dapatkan dimana madu sendiri memiliki sifat osmolaritas yang tinggi, dan juga memiliki sifat anti septik, yakni hydrogen peroksidase. Oleh karena itu madu dapat dijadikan sebagai alternatif pengobatan terhadap luka bakar grade IIA. Tujuan: Mengetahui pengaruh pemberian madu topikal terhadap peningkatan kecepatan penyembuhan luka bakar grade IIA yang dilakukan pada tikus putih (Rattus novergicus Strain wistar). Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan true experimental dengan desain penelitian yang digunakan adalah "postest only design". Sampel dalam penelitian ini menggunakan tikus putih jantan galur wistar (Rattus novergicus Strain Wistar). Data dianalisa menggunakan uji Anova dan uji Post Hoct Tukey. Hasil Penelitian: Hasil uji Anova untuk kontraksi luka didapatkan nilai signifikansi < 0,01, dan untuk luas luka didapatkan nilai signifikan < 0,01 sehingga didapatkan adanya pengaruh madu topikal terhadap peningkatan kecepatan penyembuhan luka bakar grade IIA pada tikus putih. Hasil uji Tukey diperoleh perbedaan pengaruh perlakuan terlihat pada pengamatan hari ke 1 sampai hari ke- 10. Kesimpulan: Pemberian madu topikal berpengaruh terhadap peningkatan kecepatan penyembuhan luka bakar grade IIA pada tikus putih (Rattus novergicus strain wistar).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine (11201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 09 Jun 2016 03:47
Last Modified: 09 Jun 2016 03:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31691

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo