MOTIVASI MAHASISWA BERGABUNG DALAM SITUS FRIENDSTER (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Pengguna Friendster di Universitas Muhammadiyah Malang)

Abas Samana, Kamelia (2008) MOTIVASI MAHASISWA BERGABUNG DALAM SITUS FRIENDSTER (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Pengguna Friendster di Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
MOTIVASI_MAHASISWA_BERGABUNG_DALAM_SITUS_FRIENDSTER.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Situs Friendster merupakan situs jaringan sosial dimana seorang pengguna dapat membuat identitas maya, kemudian mengisi data dirinya untuk mendapatkan account dalam situs ini. Situs friendster merupakan situs pertama yang melahirkan konsep jaringan sosial termasuk ide menghubungkan pengguna jaringan sosial via online. Friendster berkembang sangat dinamis sejak kemunculannya pada tahun 2002. Hingga saat ini pengguna situs friendster mencapai 60 juta orang di seluruh dunia. Sementara itu, di wilayah Asia Pasifik, Fhilipina dan Indonesia menjadi negara pengguna situs friendster terbesar. Rata­rata pengguna friendster adalah kaum muda, termasuk mahasiswa. Berbagai motivasi telah mendorong mahasiswa untuk menggunakan situs friendster, sehingga mahasiswa sering mengakses situs friendster. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu apa saja motivasi yang mendorong mahasiswa menggunakan situs friendster. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and gratification dan teori motivasi Abrahan Maslow. Teori uses and gratification menjelaskan motif yang mendorong seseorang menggunakan media massa, yaitu motif atau orientasi yang dikemukakan oleh Blumler. Orientasi kognitif, diversi, dan identitas personal. Motivasi mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universits Muhammadiyah Malang menggunakan situs friendster dipengaruhi oleh ketiga orientasi tersebut. Penelitian dengan jenis kualitatif deskriptif ini dilakukan pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang yang juga sebagai pengguna situs friendster. Penelitian dilaksanakan pada bulan November hingga bulan Desember 2007. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Informan diambil dengan cara teknik purposive sampling. Teknik analisa data yang digunakan adalah Analisis Model Miles and Huberman, sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi mahasiswa bergabung dan menggunakan situs friendster dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor intrinsik dan ektrinsik. Faktor intrinsik yaitu pribadi mahasiswa yang supel dan senang bersosialisasi. Sedangkan faktor ekstrinsik adalah faktor sosial mahasiswa yaitu lingkungan pertemanan yang juga banyak menggunakan situs friendster. Selain itu, situs friendster juga dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam menggunakan media massa dan kebutuhan seperti meluaskan jaringan pertemanan, mendapatkan informasi, mencari hiburan dan juga sebagai bentuk aktualisasi diri mereka dalam media massa. Adanya kebutuhan yang terpenuhi ini membuat mahasiswa merasa puas menggunakan situs friendster. Dari penelitian ini pun diketahui bahwa mahasiswa memilih internet sebagai media massa yang paling bisa memenuhi kebutuhan mereka, baik itu jaringan sosial, kebutuhan informasi, hiburan maupun aktualisasi diri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 27 Apr 2012 02:40
Last Modified: 27 Apr 2012 02:40
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3160

Actions (login required)

View Item View Item