UMM Institutional Repository

PEMBELAJARAN SIFAT-SIFAT OPERASI HITUNG DENGAN MEMANFAATKAN PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 4 BATU

Anggriawan, Denis (2012) PEMBELAJARAN SIFAT-SIFAT OPERASI HITUNG DENGAN MEMANFAATKAN PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 4 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--denisanggr-27189-2-babi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--denisanggr-27189-1-pendahul-n.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Drs. Marhan Taufik, M. Si. (2) Dr. Yus Mochamad Cholily, M. Si. Media pembelajaran dapat membantu dalam upaya mencapai keberhasilan proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Terdapat berbagai macam media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Permainan ular tangga adalah salah satu media yang dapat meningkatkan proses pembelajaran khususnya pada pelajaran matematika agar lebih menarik bagi siswa. Penilitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran dengan memanfaatkan permainan ular tangga pada pembelajaran Sifat-sifat Operasi Hitung kelas IV SD Muhammadiyah 4 Batu.(2) mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran Sifat-sifat Operasi Hitung melalui pembelajaran penerapan media permainan ular tangga siswa kelas IV SD Muhammadiyah 4 Batu. Penelitian ini dilaksanakan pada tangga 14 sampai 21 September 2011 pada semester ganjil tahun pelajaran 2011-2012 dikelas IV A SD Muhammadiyah 4 Batu. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, karena data yang akan dihasilkan adalah uraian kata-kata yang menggambarkan hasil yang diperoleh dari pembelajaran yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah 4 Batu. Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa : (1) prestasi belajar siswa dalam penerapan permainan ular tangga secara klasikal sebesar 85,19%, dapat diartikan telah mencapai ketuntasan klasikal sebesar lebih besar atau sama dengan 75, (2) persentase aktivitas guru sebesar 80,16% dengan kategori baik, sedangkan persentase aktivitas siswa sebesar 77,13% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 08 Jun 2016 04:00
Last Modified: 08 Jun 2016 04:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31599

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo