UMM Institutional Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VI SDN TEGAL GONDO MALANG

RAMADHONA, ARFI'AH RAHMAH (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VI SDN TEGAL GONDO MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--arfiahrahm-27369-2-bab1.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--arfiahrahm-27369-1-pendahul-n.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (I) Dr. Dwi Priyo Utomo, M.Pd., (II) Drs. Marhan Taufik, M.Si. Suatu soal dapat menjadi suatu masalah bagi seorang siswa akan tetapi belum tentu menjadi masalah juga bagi siswa yang lain. Apabila siswa belajar secara kelompok, siswa akan saling bekerja sama dan saling membantu untuk memahami suatu masalah. Melalui interaksi tersebut siswa akan saling bertukar pendapat atau ide dan bertukar pengetahuan ketika mempelajari suatu materi pelajaran khususnya pelajaran matematika materi FPB dan KPK. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk dapat berinteraksi dengan siswa lain, saling bekerjasama, saling bertanggung jawab serta melatih siswa untuk memahami materi melalui diskusi kelompok adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini diperkuat dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika melalui pengamatan terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa. Dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pelaksanaan penelitian melalui angket respon siswa. Selain itu, untuk mengetahui hasil belajar yang diperoleh siswa setelah dilaksanakan tes pada materi FPB dan KPK. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan diperkuat dengan data kuantitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2011 - 19 Agustus 2011 pada subyek penelitian yaitu kelas VI SDN Tegalgondo Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil analisis aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran, selama tiga kali pertemuan proses pembelajaran dapat terlaksana dengan cukup baik, sedangkan aktivitas siswa terlaksana dengan kriteria baik. (2) Hasil angket respon siswa mempunyai reaksi yang sangat baik terhadap proses pembelajaran. (3) Hasil belajar secara klasikal telah mencapai standar ketuntasan klasikal yang ditetapkan oleh SDN Tegalgondo Malang dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 08 Jun 2016 03:59
Last Modified: 20 Mar 2018 02:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31598

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo