UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE LAPS-HEURISTIK MODEL POLYA DALAM PEMBELAJARAN FAKTORISASI SUKU ALJABAR DITINJAU DARI MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 MALANG

SUHATMAN, EDI (2012) PENERAPAN METODE LAPS-HEURISTIK MODEL POLYA DALAM PEMBELAJARAN FAKTORISASI SUKU ALJABAR DITINJAU DARI MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--edisuhatma-27392-2-bab1.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--edisuhatma-27392-1-pendahul-n.pdf

Download (713kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : 1. Dra.Siti Inganah, M.M, M.Pd, 2. Dr. Yus Moch. Cholily, M.Si Heuristik adalah suatu langkah-langkah umum yang memandu pemecah masalah dalam menemukan solusi masalah. Dalam metode LAPS-heuristik Model Polya, guru sebagai fasilitator dan siswa dituntut untuk aktif dikelas. Disini, siswa akan dibimbing untuk menyelesaikan masalah matematika. Dimana, dalam penyelesaian masalahnya, siswa mencari referensi dan menemukan cara penyelesaiannya sendiri Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika melalui metode LAPS-Heuristik model Polya pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar mencakup motivasi dan prestasi belajar siswa. Selain itu, penelitian ini juga mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar. Penelitian ini dilaksanakan bulan Juli 2011 pada semester ganjil tahun ajaran 2011-2012 di kelas VIII-H SMP Negeri 12 Malang yang berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan, soal tes, dan angket motivasi siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, memberikan tes dan angket siswa. Hasil penelitian dengan menggunakan metode LAPS-Heuristik model Polya menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh guru berjalan sesuai harapan. Hal ini ditunjukkan dengan persentase rata-rata aktivitas guru sebesar 77,78%, dimana aktivitas guru tersebut adalah mengajak siswa untuk mengingat materi sebelumnya, menyampaikan tujuan pembelajaran, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing siswa, dan mereview kegiatan pembelajaran. Sedangkan aktivitas siswa yang meliputi besarnya perhatian, kepercayaan diri dan kepuasan diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 71,24%, hal ini menunjukkan bahwa siswa telah ikut berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Ditinjau dari enam indikator motivasi yaitu perhatian, lama belajar, usaha, irama perasaaan, dan penampilan siswa, sebesar 67,86%, angka ini menunjukkan siswa termotivasi pada pembelajaran LAPS-Heuristik Model Polya. Prestasi belajar siswa ditunjukkan oleh ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 78,94% dan telah memenuhi KKM yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 08 Jun 2016 03:55
Last Modified: 08 Jun 2016 03:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31597

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo