UMM Institutional Repository

PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCAFFOLDING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII-6 SMP NEGERI 1 KOTA BIMA

ARYANINGSYIH, SRI (2012) PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCAFFOLDING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII-6 SMP NEGERI 1 KOTA BIMA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--sriaryanin-27474-2-babi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--sriaryanin-27474-1-pendahul-n.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

emberian sejumlah bantuan kepada peserta didik selama tahap–tahap awal pembelajaran, kemudian mengurangi bantuan dan memberikan kesempatan untuk mengambil alih tanggung jawab yang semakin besar setelah ia dapat melakukannya adalah pembelajaran dengan pendekatan Scaffolding. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana ketuntasan belajar matematika siswa kelas VII-6 SMPN 1 Kota Bima pada materi bilangan bulat dengan pendekatan scaffolding, mendiskripsikan bagaimana aktivitas belajar siswa kelas VII-6 SMP Negeri 1 Kota Bima pada materi bilangan bulat dengan pendekatan scaffolding dan untuk mendiskripsikan bagaimana aktivitas guru kelas VII-6 SMP Negeri 1 Kota Bima pada materi bilangan bulat dengan pendekatan scaffolding. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Penelitian yang dilaksanakan pada tanggal 20-30 Juli 2011 ini hanya memilih satu kelas sebagai subyek penelitian yaitu kelas VII-6 sebanyak 32 siswa yang ada di SMP Negeri 1 Kota Bima. Berdasarkan hasil analisis aktivitas guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan scaffolding, selama dua kali pertemuan proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik yaitu dengan melihat persentase aktivitas guru mencapai 81,36% dan persentase aktivitas siswa mencapai 74,06%. Hasil belajar yang diperoleh siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan pendekatan scaffolding sebanyak 26 siswa skornya telah mencapai ketuntasan individu, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 6 siswa. Hasil belajar secara klasikal telah mencapai standar ketuntasan klasikal yang ditetapkan oleh Depdiknas karena banyak siswa yang tuntas secara klasikal mencapai 81,25%. Kata

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 08 Jun 2016 03:50
Last Modified: 08 Jun 2016 03:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31593

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo