UMM Institutional Repository

PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 MALANG

ANUGRAENI, NEFFA PUTRI (2012) PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--neffaputri-27475-2-bab1.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--neffaputri-27475-1-pendahul-n.pdf

Download (611kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (I) Dr. Dwi Priyo Utomo, M.Pd, (II) Dra. Sri Harmini, M.Pd Pembelajaran pada mata pelajaran matematika yang cenderung bersifat konvensional dimana guru lebih mendominasi kegiatan pembelajaran sehingga siswa cenderung pasif dan siswa kurang termotivasi dalam kegiatan pembelajaran, telah peneliti jumpai ketika melakukan PPL Praktik Pengalaman Lapangan) di SMP Negeri 12 Malang. Hal ini mengakibatkan siswa hanya menghafal dan bekerja secara prosedural dan memahami materi pelajaran tanpa penalaran. Berdasarkan hal itu, peneliti menerapkan salah satu formulasi pembelajaran yang dikembangkan oleh Spencer Kagan dalam Yusuf, 2009) yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Two Stray Two Stray, yang dilihat mampu membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman, karena interaksi antar siswa/teman memungkinkan peningkatan pemahaman siswa melalui diskusi, saling bertanya dan saling menjelaskan serta dapat bertukar informasi dari kelompok lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray melalui pengamatan terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa. Selain itu, untuk mengetahui hasil belajar yang diperoleh siswa setelah dilaksanakan tes pada materi aljabar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Penelitian yang dilaksanakan pada tanggal 20 Juli – 30 Juli 2011 ini hanya memilih satu kelas sebagai subyek penelitian yaitu kelas VIII-D sebanyak 36 siswa yang ada di SMP Negeri 12 Malang. Berdasarkan hasil analisis aktivitas guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray, selama tiga kali pertemuan proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik yaitu dengan melihat persentase aktivitas guru mencapai 86,9% dan persentase aktivitas siswa mencapai 70,26%. Hasil belajar yang diperoleh siswa setelah dilaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray sebanyak 30 siswa skornya telah mencapai ketuntasan individu, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 6 siswa. Hasil belajar secara klasikal telah mencapai standar ketuntasan klasikal yang ditetapkan oleh Depdiknas karena banyak siswa yang tuntas secara klasikal mencapai 83,33%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 08 Jun 2016 03:48
Last Modified: 08 Jun 2016 03:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31591

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo