UMM Institutional Repository

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN TEGALGONDO MALANG

Kartikasari, Dwi (2012) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN TEGALGONDO MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--dwikartika-27577-2-bab1.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--dwikartika-27577-1-pendahul-n.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Dosen Pembimbing: 1. Drs. Mahfud Effendi, MM, 2. Drs. Marhan Taufik, M.Si Pandangan siswa Sekolah Dasar secara umum, matematika merupakan pelajaran yang sulit untuk dimengerti. Begitu pula dalam menyelesaikan soal matematika terutama soal yang berbentuk soal cerita. Siswa merasa kurang mampu untuk memahami isi dari permasalahan yang ada dalam soal cerita, sehingga siswa tidak dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Permasalahan serupa juga terjadi pada siswa kelas V SDN Tegalgondo Malang. Karena siswa tidak memahami soal cerita tersebut, maka siswa juga tidak bisa mengubah soal cerita tersebut ke dalam bentuk matematika dan hal ini berkenaan dengan penggunaan bahasa matematika. Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi dan komunikasi tersebut terdiri dari dua aspek yaitu komunikasi lisan dan tertulis. Penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas V SDN Tegalgondo Malang dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya ini dilaksanakan pada tanggal 13-25 Oktober dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah komunikasi tertulis dengan menggunakan soal cerita sebagai media untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika siswa. Selain menggunakan media soal cerita, data untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika tersebut juga diperoleh dari hasil wawancara dan dari hasil wawancara ini juga dapat diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematika siswa kelas V SDN Tegalgondo Malang. Ada empat aspek penilaian yang digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa, yaitu kemampuan mengungkapkan gagasan, kemampuan menggunakan simbol, kemampuan memahami konsep materi, dan kemampuan menantukan langkah-langkah penyelesaian masalah. Dari keempat aspek tersebut, sebagian besar siswa mampu mengungkapkan gagasan terkait dengan soal cerita yang diberikan dan semua siswa belum mampu menggunakan simbol matematika. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah kemampuan siswa dalam mengungkapkan gagasan mereka dalam permasalahan matematika, kemampuan siswa dalam menghafalkan perkalian dan mengerti pembagian, kebiasaan siswa dalam menggunakan simbol matematika, serta kemampuan siswa dalam memahami rumus-rumus yang tersaji dalam materi dan kemampuan daya ingat siswa terhadap langkah-langkah dan rumus yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 08 Jun 2016 03:46
Last Modified: 08 Jun 2016 03:46
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31590

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo