UMM Institutional Repository

TANGGUNG JAWAB PENGANGKUT TERHADAP KERUSAKAN CARGO DALAM PENGANGKUTAN LAUT (Studi di PT. Sahabat Utama Indonesia Jakarta)

KEMBARA, KRISTYA (2011) TANGGUNG JAWAB PENGANGKUT TERHADAP KERUSAKAN CARGO DALAM PENGANGKUTAN LAUT (Studi di PT. Sahabat Utama Indonesia Jakarta). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-kristyakem-23050-BAB+I.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-kristyakem-23050-PENDAHUL-N.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Perusahaan pengangkutan adalah usaha yang ditunjukan untuk mewakili kepentingan pemilik barang untuk mengurus semua kegiatan yang diperlukan bagi terlaksananya pengiriman dan penerimaan barang melalui transportasi darat, perkeretaapian, laut, dan/atau udara. Penelitian ini mengkaji secara mendalam tentang bagaimana pertanggung jawaban perusahaan pengangkutan. Adapun rumusan masalah dalam penulisan ini yaitu, 1) Bagaimana tanggung jawab pengangkut (PT. Sahabat Utama Indonesia) terhadap kerusakan cargo dalam pengangkutan laut, 2) Bagaimana upaya hukum untuk mendapatkan ganti rugi terhadap kerusakan cargo dari pengangkut (PT. Sahabat Utama Indonesia). Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Tehnik pengambilan data dengan wawancara, dokumentasi, dan stutdi kepustakaan. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian bahwa pertanggung jawaban perusahaan pengangkutan atas kerusakan barang yang dilakukan oleh PT. Sahabat Utama Indonesia dalam hal ganti rugi yang dilakukan oleh PT. Sahabat Utama Indonesia dengan PT. Simotek Indonesia dan PT. Micro Garment adalah sesuai dengan nilai kerusakan yang diderita oleh kedua PT tersebut yang mana pada sebelum pengangkutan dilaksanakan telah dilakukan penutupan asuransi atas barang yang diangkut. Sedangkan dalam ganti rugi yang dilakukan kepada PT. Diversey Indonesia, nilai ganti ruginya tidak senilai dengan kerusakan yang diderita oleh PT. Diversey Indonesia. PT. Sahabat Utama Indonesia yang bertindak sebagai pengangkut lalai dalam mengasuransikan segala kegiatan pengangkutannya termasuk terhadap barang angkutannya. Akibat tidak melakukan asuransi atas barang tersebut, maka PT. Sahabat Utama Indonesia melanggar Undang-undang Nomor 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran Pasal 54 serta Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2011 Tentang Angkutan Multimoda Pasal 12 Ayat (1) huruf (f) dan dapat dikenakan sanksi administratif sesuai dengan ketentuan Pasal 12 Ayat (3). Dalam mengajukan klaim terhadap kerusakan barang maka harus diajukan secara tertulis dan disertai dengan bukti-bukti dari kerusakan barang. Tanpa adanya klaim tertulis dan bukti tersebut, perusahaan pengangkutan maupun pihak perusahaan asuransi tidak akan menanggapi klaim tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 08 Jun 2016 03:02
Last Modified: 08 Jun 2016 03:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31557

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo