UMM Institutional Repository

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN TOWER MONOPOLE KNOCK DOWN UNTUK SISTEM ENERGI HYBRID

WARDANI, FAJAR CANDRA (2012) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN TOWER MONOPOLE KNOCK DOWN UNTUK SISTEM ENERGI HYBRID. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--fajarcandr-27277-1-pendahul-n.pdf

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--fajarcandr-27277-2-babi.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Turbin angin merupakan sarana pengubah energi kinetik angin menjadi energi mekanik untuk memutar generator listrik. Turbin angin adalah salah satu pembangkit energi listrik alternatif yang sifatnya renewable, yaitu persediaannya tak terbatas. Dengan menggunakan prinsip konversi energi, turbin angin dapat menghasilkan energi listrik yang murah dan ramah lingkungan. Salah satu penyebab mahalnya pembangkit tenaga listrik dari angin ini adalah karena mahalnya harga komponen seperti tower. Jenis-jenis tower turbin angin yang ada sekarang kebanyakan adalah jenis permanen, itu dikarenakan daya yang dihasilkan oleh turbin angin relatif besar, selain itu juga pada tower yang sudah ada dipasaran dalam perakitannya masih memakan waktu yang cukup lama. Dengan begitu, kami mencoba mendesain dan membuat tower knock down sebagai alternatif pemilihan tower untuk turbin angin sebagai lampu penerangan jalan. Knock down memungkinkan memberikan banyak keuntungan kepada user, salah satunya mempermudah dalam perawatan serta penggunaannya yang bongkar pasang mempermudah perakitan agar lebih praktis sehingga tidak memakan waktu yang lama. Adapun tujuan perancangan dan pembuatan tower knock down sistem konversi energi hibrid angin dan surya untuk lampu penerangan jalan adalah: Memperoleh gambar teknik tower knock down. Memperoleh prototipe tower knock down sistem konversi energi hybrid angin dan surya untuk lampu penerangan jalan. Dari hasil perancangan tower knock down sistem konversi energi hibrid (SKEH) angin dan surya ini didapatkan desain gambar teknik tower knock down dan juga prototype tower knock down dengan spesifikasi tinggi tower 5,8 m terbagi menjadi 2 ruas tower dengan panjang 3 m dan 2,8 m. Dilengkapi dengan dudukan sel surya yang berdimensi 660 x 610 x 30 (mm),dan penyangga lampu sepanjang 2,5 M.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (21201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 08 Jun 2016 03:12
Last Modified: 08 Jun 2016 03:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31551

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo