UMM Institutional Repository

ANALISA PERPINDAHAN PANAS PADA BARREL MESIN BLOW MOULDING DENGAN SOFTWARE KOMPUTER

M. SYAMSUDDIN, (2012) ANALISA PERPINDAHAN PANAS PADA BARREL MESIN BLOW MOULDING DENGAN SOFTWARE KOMPUTER. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--msyamsuddi-28112-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--msyamsuddi-28112-2-babi.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Blow Moulding adalah proses manufaktur plastik untuk membuat produk-produk berongga (botol) dimana parison (gumpalan cair dalam bentuk penampang pipa) yang dihasilkan dari proses ekstrusi dikembangkan dalam cetakan oleh tekanan gas. Pada dasarnya blow molding adalah pengembangan dari proses ekstrusi pipa dengan penambahan mekanisme cetakan dan peniupan. Proses ini diawali dengan pembuatan parison dan dimasukkan ke mesin cetak tiup, kemudian udara ditiup masuk melalui lubang penampang pipa, karena desakan udara maka gumpalan tadi akan menyesuaikan dengan bentuk cetakan dan dibiarkan sampai menjadi padat. Pada mesin blow molding yang sudah ada kecepatan aliran material dalam silinder (barrel) kurang sempurna karena dipengaruhi oleh temperatur pada diding barrel tidak merata sehingga tidak mudah untuk dialirkan ke dalam mold (cetakan), untuk itu perlu dilakukan analisa perpindahan kalornya dengan menggunakan Software komputer untuk mengetahui besarnya perpindahan kalor pada barrel dan menggunakan metode numerik. Dari analisa yang dilakukan didapat bahwa Terjadi penyebaran panas yang merata sepanjang 0.72 m pada barrel dengan temperatur 191oC-210 oC Dengan metode numerik dan simulasi ansys 10.0 di dapat hasil perhitungan temperatur pada barrel yang hampir mendekati temperatur yang di analisa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (21201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 08 Jun 2016 02:51
Last Modified: 08 Jun 2016 02:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31545

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo