UMM Institutional Repository

PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) BIDANG LINGKUNGAN SEBAGAI TANGGUNG JAWAB HUKUM BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 40 TAHUN 2007 TENTANG PERSEROAN TERBATAS(Studi di PT. Unilever Surabaya)

KURNIAWAN, ARIEF (2011) PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) BIDANG LINGKUNGAN SEBAGAI TANGGUNG JAWAB HUKUM BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 40 TAHUN 2007 TENTANG PERSEROAN TERBATAS(Studi di PT. Unilever Surabaya). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ariefkurni-23960-BAB+I.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ariefkurni-23960-Pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembimbing : M. Isrok, SH., CN. Komariah, SH., MSi., MHum. Program tanggung jawab sosial perusahaan atau lebih dikenal dengan corporate social responsibility (CSR) merupakan suatu program yang masih berpolemik karena belum memiliki definisi tunggal mengenai pelaksanaannya. Ada pihak yang mendukung CSR dan tidak sedikit pula yang menentang kewajiban CSR. Namun dengan dimasukkannya ke dalam Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, menjadikan semua perusahaan terkena kewajiban melaksanakan aturan tersebut. Penelitian ini mengambil permasalahan PT. Unilever Surabaya karena merupakan salah satu perusahaan besar di Indonesia yang menyentuh hampir setiap kebutuhan pokok harian berbagai lapisan masyarakat. Disamping itu, perusahaan ini mempelopori penerapan CSR di Indonesia dan menjadikannya sebagai bagian sustainable development. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan PT. Unilever Surabaya terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai tanggung jawab hukum perusahaan, bentuk-bentuk CSR yang telah dilakukan oleh PT. Unilever Surabaya dalam bidang lingkungan hidup dan faktor yang menghambat PT. Unilever Surabaya dalam menerapkan CSR. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis sosiologis, teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan responden dari Yayasan Unilever Indonesia dan observasi langsung ke lokasi penelitian di PT. Unilever Surabaya. Data hasil penelitian kemudian dikelola dan dianalisis secara deskriptif. Dari penelitian ini diketahui bahwa PT. Unilever Surabaya menerapkan CSR karena program CSR sejalan dengan falsafah, visi dan strategi perusahaan. PT. Unilever Surabaya membuktikan keuntungan menjalankan program CSR sebagai bagian integral bisnis. CSR memberikan manfaat bagi perusahaan dan stakeholder-nya baik dalam hal ekonomi, sosial, maupun pelestarian lingkungan hidup. Dalam bidang lingkungan, Unilever memfokuskan program CSR meliputi Surabaya Green and Clean, Trashion, dan Surabaya Green Office untuk mendukung konservasi lingkungan. CSR Unilever mengalami hambatan karena perbedaan pemahaman dan kebijakan dalam bekerja sama dengan pihak lain. Keterlibatan masyarakat dalam berkontribusi CSR lingkungan secara kontinu juga rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 08 Jun 2016 02:30
Last Modified: 08 Jun 2016 02:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31535

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo