UMM Institutional Repository

TINJAUAN YURIDIS SOSIOLOGIS TENTANG PELAKSANAAN PEMBAGIAN WARISAN DI MASYARAKAT BERDASARKAN KONSEP HUKUM ADAT JAWA (Studi di Desa Pule Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek)

INDRIATI, MAMIK (2011) TINJAUAN YURIDIS SOSIOLOGIS TENTANG PELAKSANAAN PEMBAGIAN WARISAN DI MASYARAKAT BERDASARKAN KONSEP HUKUM ADAT JAWA (Studi di Desa Pule Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-mamikindri-21952-BAB+I.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-mamikindri-21952-Pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Warismerupakansalahsatubagiandarihukumperdatasecarakeseluruhandanmerupakanbagianterkecildarihukumkekeluargaan.Pewarisanterjadi di ampirseluruhwilayah di Indonesia, termasukjugasatuanwilayahterkecil di masyarakat, yaituDesa.Padasebagianbesardesa di Indonesia, masyarakat masih akrab dengan penggunaan hukum adat untuk menyelesaikan permasalahan terkait dengan waris. Penulisdisinimenemukankeunikanpadasistempembagianwaris yang terjadi di Desa Pule Kecamatan Pule KabupatenTrenggalek, dimana sistem pewarisannya masih menggunakan hukum adat yang berlaku di masyarakat. Dalam penelitianini, Penulis menggunakan pendekatan yuridis-sosiologis. Penelitian menggunakan sumber data berupa bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder.Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik analisa bahan hukum, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pada Desa Pule Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek terdapat dua cara pembagian warisan, yaitu pembagian dengan mengutamakan kehendak atau wasiat dari pewaris serta pembagian warisan dengan mendasarkan musyawarah dari keturunan sedarah terdekat terkait harta warisan, bila pewaris tidak sempat meninggalkan wasiat. Hal ini sebenarnya tidak sesuai dengan konsep pembagian warisan berdasarkan adat Jawa, yaitu dengan ketentuan sepikul segendong. Pembagian dengan mendasarkan pada wasiat pewaris biasanya berupa ucapan lisan dari pewaris, yang dibuktikan oleh saksi-saksi mengenai pembagian warisan, yang manaterkadangjugadiperkuatdengancatatansederhanamengenaiwasiatpewaris.Kondisimasyarakat yang salingpercaya di Desa Pule menjadikanaktatidakpernahdigunakandalampewarisan di Desa Pule.Sedangkanuntukpewarisandimanapewaristidaksempatberwasiat, makahartaakandibagikankepadaketurunansedarahterdekat. Meskipunbukanmerupakansuatukeharusan, kerabat, dalamartiandisiniadalahsaudarasedarahdaripewaris, harusdiberikanbagiandarihartawarisanuntukmenunjukkan rasa hormat.Untukpembagianantaraketurunansedarah, yang dijunjungtinggiadalahmusyawarah.Perbedaanpendapatdalampelaksanaanwarisakandikembalikanmelaluimusyawarah. NamunpadadasarnyamasyarakatDesa Pule meyakinibahwakehendakindividu yang inginmewariskanhartanyaharusdihormatisehinggatidakdapatdiganggugugatdalampelaksanaanwaris di Desa Pule.Permasalahanatausengketa yang timbuldalamhalwaris, akandiselesaikansecaramusyawarah. Apabilaadaahliwaris yang kurangpuasakanpelaksanaanwaris, makaiadapatmengajukankeberatannyadanhaltersebutakandiselesaikansecarakekeluargaanolehpihakkeluargaahliwarisdengandibantuolehKepalaDesa Pule. PeranKepalaDesadisiniadalahsebagai mediator bagiwargamasyarakat yang keberatanakanpembagianwaris yang dilaksanakanolehpewaris.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 08 Jun 2016 02:17
Last Modified: 08 Jun 2016 02:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31528

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo