UMM Institutional Repository

ANALISIS YURIDIS SOSIOLOGIS IMPLEMENTASI KODE ETIK PROFESI POLRI(Studi Di Kepolisian Resor Malang Kota)

ERLIATI, NOVI FEBRIANI NOOR (2011) ANALISIS YURIDIS SOSIOLOGIS IMPLEMENTASI KODE ETIK PROFESI POLRI(Studi Di Kepolisian Resor Malang Kota). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-novifebria-22242-BAB+I.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-novifebria-22242-PENDAHUL-N.pdf

Download (431kB) | Preview

Abstract

Kode etik profesi Polri merupakan pedoman bagi pengemban fungsi kepolisian lainnya dalam melaksanakan tugas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.Namun hal tersebut tidak sesuai dengan realitanya karena sampai saat ini masih banyak perbuatan-perbuatan anggota Polri khususnya di jajaran Polres Malang Kota yang bertentangan dengan peraturan hukum tersebut seperti peraturan Disiplin, maupun Kode Etik Profesi Polri. Penelitian ini mengambil rumusan masalah: 1.Apa jenis-jenis pelanggaran Kode Etik Profesi Polri di jajaran Polres Malang Kota? 2. Apa faktor- faktor yang menyebabkan terjadinya pelanggaran Kode Etik Profesi Polri di jajaran Polres Malang Kota? 3. Bagaimana implementasi Kode Etik Profesi Polri di jajaran Polres Malang Kota? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, teknik pengumpulan datanya berupa wawancara dan studi dokumen berupa dokumen-dokumen resmi, laporan, maupun peraturan yang ada untuk memperoleh informasi yang menunjang secara teoritis terhadap topik penelitian. Kemudian data hasil penelitian tersebut dianalisa secara deskriptif. Kesimpulannya, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak perbuatan-perbuatan anggota Polri di jajaran Polres Malang Kota yang bertentangan dengan peraturan hukum seperti melakukan pelanggaran disiplin, tindak pidana maupun kode etik profesi Polri. Faktor penyebab pelanggaran tersebut dikarenakan oleh faktor eksternal yang dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan masyarakat dan faktor internal yang dipengaruhi oleh dari diri pelaku yang diakibatkan oleh perilaku kurang baik, pengendalian diri lemah, dan mementingkan hak daripada kewajiban, kemudian dipengaruhi juga oleh dari dalam satuan yang diakibatkan oleh lemahnya pengawasan dan keteladanan pimpinan kurang. Dalam hal implementasi Kode Etik Profesi Polri, Polres Malang Kota telah menerapkan peraturan Kode Etik Profesi Polri. Artinya bahwa setiap adanya laporan atau pengaduan baik dari masyarakat maupun dari anggota Polisi itu sendiri yang menyatakan bahwa adanya pelanggaran yang dilakukan oleh anggota Polisi maka akan ditindaklanjuti tegas dengan memberikan ganjaran hukuman atau sanksi atas perbuatan yang dilanggarnya. Selain itu juga dalam rangka penertiban profesi Polri, Polres Malang Kota juga melakukan Gatiplin, melakukan pengawasan internal dan ekternal, melakukan pembinaan mental, menindak tegas kepada anggota Polri yang melanggar, mengadakan sidang disiplin terhadap anggota Polri yang melakukan pelanggaran disiplin, melakukan pengawasan selama 6 bulan terhadap pelaku pelanggar setelah menjalani sanksi hukuman, serta mengadakan sidang komisi kode etik profesi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 08 Jun 2016 01:53
Last Modified: 08 Jun 2016 01:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31515

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo