UMM Institutional Repository

PENGELOLAAN DAN KONTRIBUSI PAJAK RESTORAN DALAM RANGKA PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KABUPATEN MALANG (Studi di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Kabupaten Malang)

ANGGRAINI PK, RATIH DWI (2011) PENGELOLAAN DAN KONTRIBUSI PAJAK RESTORAN DALAM RANGKA PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KABUPATEN MALANG (Studi di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Kabupaten Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ratihdwian-22243-BAB+I.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ratihdwian-22243-PENDAHUL-N.pdf

Download (955kB) | Preview

Abstract

Pajak restoran bagi daerah mempunyai potensi yang tinggi dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah diharapkan mampu mendukung segala aktivitas pemerintah daerah dalam rangka menciptakan pertumbuhan ekonomi yang stabil dan merata. Penelitian ini mengambil rumusan masalah Bagaimana pengelolaan Pajak Restoran dalam rangka Peningkatan PAD di Kabupaten Malang, Bagaimana kontribusi Pajak Restoran terhadap Peningkatan PAD dan Kendala dan Upaya dalam rangka Peningkatan PAD di Kabupaten Malang dari sektor Pajak Restoran. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, jenis data primer berupa wawancara dan data sekunder berupa dokumen, buku dan literatur lainnya, teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Kemudian data hasil penelitian tersebut dianalisa secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dalam hal pengelolaan khususnya pajak restoran perlu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahun 2005 kontribusi pajak restoran yakni 0,75% dan mengalami penurunan menjadi 0,41% pada tahun 2009. Kendala Peningkatan PAD berkaitan dengan penerimaan Pajak Restoran adalah kendala eksternal dan kendala internal. Dari kendala internal dan eksternal, maka upaya yang ditempuh yaitu: melakukan sosialisasi, pengawasan, monitoring, menyediakan Informasi dan media komunikasi yang memadai. Kesimpulannya adalah bahwa pengelolaan pajak restoran dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Malang perlu ditingkatkan kembali, perencanaan yang matang, pelaksanaan yang optimal dan evaluasi yang baik menjadi salah satu tolok ukur berhasilnya suatu pengelolaan pajak restoran. Pencapaian yang kurang dari 1% dari menunjukkan bahwasanya kontribusi dari sektor pajak restoran masih sangat kecil dan dari kendala internal dan kendala eksternal, upaya nyata yang dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Malang adalah dengan melakukan sosialisasi dan pengawasan secara intensif terhadap objek dan wajib pajak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 08 Jun 2016 01:51
Last Modified: 08 Jun 2016 01:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31514

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo