UMM Institutional Repository

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. SUMEKAR SUMENEP

Widiyanto, (2012) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. SUMEKAR SUMENEP. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--widiyanto0-27906-2-babi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--widiyanto0-27906-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk gaya kepemimpinan pada bagian Operasional PT. Sumekar Sumenep, mengetahui kinerja karyawan Pada bagian Operasional PT. Sumekar Sumenep dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada bagian Operasional PT. Sumekar Sumenep. Data-data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan kuesioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan gaya kepemimpinan dan kinerja karyawan Data-data tersebut dianalisis menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan pada kinerja karyawan PT SUMEKAR SUMENEP yang diterapkan selama ini cenderung mengarah kepada gaya kepemimpinan laizes faire. Hal ini ditunjukkan dengan pengarahan dan perhatian pada karyawan, serta keterlibatan karyawan yang diterapkan oleh pemimpin mendukung kemampuan dalam proses penyelesaian tugas yang harus diselesaikan oleh karyawan. Karyawan diberikan kebebasan dalam pengambilan keputusan, dan dalam penyelesaian pekerjaannya dengan menyesuaikan menurut cara yang paling sesuai bagi karyawan. Kinerja karyawan sedang yang ditunjukkan dengan karyawan cukup mampu menyelesaikan tugas sesuai prosedur yang telah ditetapkan oleh perusahaan, sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan, dapat menjalin hubungan dengan pegawai lain dalam satu bagian dan dapat bekerjasama dengan pegawai lain. Berdasarkan hasil uji statistik maupun kondisi empirik pada perusahaan diketahui bahwa konsep gaya kepemimpinan yang terdiri dari gaya kepemimpinan demokratis, otoriter, dan laizes faire merupakan faktor yang menentukan kinerja karyawan. Berdasarkan kesimpulan di atas, maka saran yang dapat diberikan adalah hendaknya pemimpin meningkatkan kedisiplinan karyawan dalam hal aktivitas pekerjaan agar sesuai berdasarkan jadwal yang ditetapkan oleh perusahaan dan memberikan punishment terhadap karyawan yang melanggar aturan perusahaan sehingga karyawan lebih taat dalam menjalankan peraturan yang berlaku di perusahaan dan sebaiknya pimpinan perusahaan mengevaluasi kembali gaya kemimpinan yang telah diterapkan dalam perusahaan.artinya gaya kepemimpinan di sesuaikan dengan kondisi karakteristik karyawan yang ada pada saat ini, agar kineja karyawan lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (61201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 07 Jun 2016 06:45
Last Modified: 07 Jun 2016 06:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31480

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo