UMM Institutional Repository

PERSEPSI KONSUMEN TENTANG RELATIONSHIP MARKETING ( Studi pada Swalayan Indomaret Sengkaling di Kab. Malang )

Jati, Herlambang Astono (2012) PERSEPSI KONSUMEN TENTANG RELATIONSHIP MARKETING ( Studi pada Swalayan Indomaret Sengkaling di Kab. Malang ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--herlambang-27912-2-babi.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--herlambang-27912-1-pendahul-n.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang sering dihadapi oleh perusahaan yaitu kurangnya komunikasi yang diciptakan perusahaan ke konsumen, terbatasnya barang atau produk yang ditawarkan dan kurangnya karyawan saat konsumen bertransaksi pada perusahaan Tujuan dari penelitian tersebut adalah bagaimana pemetaan persepsi konsumen terhadap relationship marketing ( understanding customers expectation, building servise partnership, empowering employers dan total quality manajemen ) dijalankan Indomaret. Alat analisis data yang digunakan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap Relationship Marketing studi pada Indomaret Sengkaling maka digunakan cluster analysis. Solusi analisis cluster bersifat tidak unik, anggota cluster untuk tiap penyelesaian atau solusi tergantung pada beberapa elemen prosedur dan beberapa solusi yang berbeda dapat diperoleh dengan mengubah satu elemen atau lebih. Maka dapat diketahui bahwa telah terbentuk tiga cluster, dimana masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda yang dapat mencerminkan hasil persepsi konsumen terhadap relationship marketing terhadapa customer loyalty pada Indomaret Sengkaling di kota Malang - Sengkaling. Berdasarkan hasil 3 cluster maka dapat diketahui bahwa telah terbentuk tiga cluster, dimana masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda yang dapat mencerminkan hasil persepsi konsumen terhadap relationship marketing terhadapa customer loyalty pada Indomaret Sengkaling di kota Malang - Sengkaling. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dengan menggunakan beberapa alat analisis yakni : Responden memperhatikan dari dimensi Relationship Marketing yang dijalankian oleh Indomaret. Sehingga membuat responden paham tentang apa yang dilakukan perusahaan untuk konsumen melalui komunikasi ( Understanding Customer Expectation, Building Servise Patnership, Empowering Employers dan Total Quality Manajemen ) Responden merasakan rata-rata kinerja karyawan yang telah dilakukan Indomaret Sengkaling adalah baik. Responden mengerti dan paham yang dilakukan karyawan Indomaret saat menjalankan tugas dengan konsumen yang berbelanja. Responden mengerti tentang Relationship Marketing yang dijalankan Indomaret Sengkaling untuk mempertahankan konsumen dan memberikan kenyamanan terhadap konsumen yang berbelanja di Indomaret Sengkaling. Berdasarkan hasil pembahasan dengan menggunakan analisis cluster yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa persepsi konsumen terhadap (Understanding Customer Expectation, Building Servise Patnership, Empowering Employers dan Total Quality Manajemen). yang dilakukan Indomaret Sengkaling. Hasil analisis dapat diketahui bahwa terdapat 3 cluster yang dapat mencerminkan hasil persepsi konsumen terhadap Relationship Marketing Indomaret Sengkaling raya di kabupaten malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (61201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 07 Jun 2016 06:35
Last Modified: 07 Jun 2016 06:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31475

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo