UMM Institutional Repository

PENGARUH MOTIVASI DAN KEMAMPUAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR DINAS SOSIAL DI KABUPATEN PROBOLINGGO

HIDAYATI, DWI INDAH (2012) PENGARUH MOTIVASI DAN KEMAMPUAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR DINAS SOSIAL DI KABUPATEN PROBOLINGGO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--dwiindahhi-27945-2-babi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--dwiindahhi-27945-1-pendahul-n.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian studi kasus, dimana peneliti melakukan observasi dalam pengumpulan data yang dilakukan pada kantor Dinas Sosial, jalan A.Yani No.23 Probolinggo dengan judul penelitian yaitu: "Pengaruh Motivasi dan Kemampuan Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Dinas Sosial di Kabupaten Probolinggo" Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mendiskripsikan kinerja pegawai, motivasi dan kemampuan pegawai pada kantor Dinas Sosial di Kabupaten Probolinggo, untuk menguji pengaruh yang signifikan antara motivasi dan kemampuan pegawai kantor Dinas Sosial di Kabupaten Probolinggo dan untuk menguji variabel yang mempunyai pengaruh paling kuat terhadap kinerja pegawai kantor Dinas Sosial di Kabupaten Probolinggo. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis rentang skala dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis rentang skala kinerja pegawai kantor Dinas Sosial di Kabupaten Probolinggo diperoleh hasil sebesar 133,83 yang masuk dalam kategori tinggi. Motivasi para pegawai kantor Dinas Sosial di Kabupaten Probolinggo masuk dalam kategori tinggi, hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata rentang skala yaitu sebesar 115,2. Hasil analisis rentang skala dapat diperoleh hasil sebesar 111,25 yang menunjukkan bahwa kemampuan pegawai pads kantor Dinas Sosial di Kabupaten Probolinggo dapat dikatakan tinggi. Berdasarkan hasil koefisien regresi variabel motivasi dapat diperoleh hasil sebesar 0,552 dan variabel kemampuan yaitu sebesar 0,355 yang menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan. Hasil tersebut juga diperkuat dari hasil uji F dan uji t yang dapat dibuktikan bahwa motivasi dan kemampuan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja para pegawai kantor Dinas Sosial di Kabupaten Probolinggo. Hasil tersebut dapat dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel. (52,195 > 2,100) dan nilai thitung > Ttabel (Xl= 6,070 dan X2= 5,092 > 2,0057). Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa besar koefisien variabel motivasi yaitu sebesar 0,552 dan kemampuan yaitu sebesar 0,355. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa variabel motivasi mempunyai pengaruh dominan terhadap kinerja pegawai kantor Dinas Sosial di Kabupaten Probolinggo. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini yaitu diharapkan dinas selalu berupaya untuk memberikan jaminan atas upaya untuk menciptakan kondisi kerja yang harmonis dan pimpinan selalu berusaha untuk memberikan pengakuan atas prestasi yang telah dicapai oleh pegawai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (61201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 07 Jun 2016 06:34
Last Modified: 07 Jun 2016 06:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31474

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo