ANINDHITA, AGAH (2012) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAAN PRODUK MODEM MEREK PROLINK (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Malang Kampus III). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
jiptummb--agahanindh-27949-2-babi.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummb--agahanindh-27949-1-pendahul-n.pdf Download (902kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dengan judul "Analisis Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Modem Merek Prolink" merupakan jenis penelitian deskriptif, yang dilakukan pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian produk modem merek prolink dan untuk mengetahui faktor mana yang dominan mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian produk modem merek prolink pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor. Terbentuk 5 faktor yaitu faktor kelompok acuan, persepsi, kelas sosial, umur dan tahap siklus, dan kepercayaan dan sikap. Faktor kelompok acuan dianggap dominan mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian produk modem merek prolink pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III karena nilai total variannya paling besar. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti dapat menyarankan, bahwa hendaknya perusahaan lebih memperhatikan mengenai berbagai hal yang menentukan keputusan pembelian konsumen terutama yang menyangkut tentang kelompok acuan konsumen sehingga dapat menciptakan adanya persepsi konsumen dengan cara meningkatkan kualitas produk, menambah keyakinan konsumen pada produk dengan memberikan bukti nyata, dan menambah kepuasan konsumen seperti dengan memberikan layanan tambahan dalam produk yang ditawarkan yaitu dengan perbaikan mutu, atau garansi. Selain itu juga hal-hal di dalam kelas sosial konsumen dengan berusaha mengetahui keluarga, lingkungan maupun pribadi mereka. Sebaiknya perusahaan melakukan survei konsumen. Di samping itu sehubungan dengan budaya hendaknya perusahaan dapat memahami kebiasaan-kebiasaan masyarakat selaku konsumen dan tingkatan-tingkatan sosial yang ada pada Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III. Selanjutnya berkaitan dengan sosial perusahaan perlu mengidentifikasi informan kunci yang berpengaruh dalam suatu pembelian modem, selain itu kondisi sosial masyarakat juga perlu diperhatikan. Untuk peneliti lain supaya lebih menggali mengenai pengaruh budaya terhadap pembelian modem prolink di Universitas Muhammadiyah Malang terutama kampus III atau di tempat lain.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management (61201) |
Depositing User: | Mrs Ruli Alfi |
Date Deposited: | 07 Jun 2016 06:28 |
Last Modified: | 07 Jun 2016 06:28 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31470 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |