UMM Institutional Repository

ANALISIS PENILAIAN KEWAJARAN HARGA SAHAM (Studi Pada Sektor Industri Pertambangan Yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2010)

Kaharuman, Bayu (2012) ANALISIS PENILAIAN KEWAJARAN HARGA SAHAM (Studi Pada Sektor Industri Pertambangan Yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2010). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--bayukaharu-28199-2-babi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--bayukaharu-28199-1-pendahul-n.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Penilaian Kewajaran Harga Saham (Studi Kasus Pada Sektor Industri Pertambangan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2010)”. Berdasarkan tujuan penelitian, penelitian ini dapat dikelompokkan menjadi penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian terhadap masalah-masalah berupa fakta-fakta saat ini dari suatu populasi. Tujuan penelitian deskriptif adalah untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan subyek yang diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kewajaran harga saham perusahaan yang bergerak disektor industri pertambangan jika dinilai menggunakan analisis fundamental dengan pendekatan PER. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang bergerak disektor industri pertambangan yang tercatat di BEI tahun 2008 sampai dengan tahun 2010. Industri pertambangan dipilih dengan pertimbangan bahwa secara sektoral, sektor industri ini memiliki prospek yang cerah. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, dimana dengan menggunakan metode tersebut terpilih 8 perusahaan yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sampel. Penilaian kewajaran harga saham dalam penelitian ini menggunakan analisis fundamental dengan pendekatan PER. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi kondisi saham 8 perusahaan yang dijadikan sampel dalam penelitian berada dalam kondisi yang belum wajar karena nilai intrinsik dari 8 perusahaan yang dijadikan sampel tidak ada yang memilki nilai yang sama dengan nilai pasarnya. Hasil perhitungan menunjukan bahwa terdapat 5 perusahaan yang mengalami undervalued dan 3 perusahaan yang mengalami overvalued. Berdasarkan analisis fundamental dengan pendekatan PER, maka saham-saham yang layak dikoleksi dan cocok untuk tempat berinvestasi adalah saham-saham yang berada dalam kondisi undervalued yaitu PT. Aneka Tambang, Tbk, PT. Elnusa, Tbk, PT. Indo Tambangraya Megah, Tbk, PT. Resource Alam Indonesia, Tbk, dan PT. Medco Energy International, Tbk.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management (61201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 07 Jun 2016 06:12
Last Modified: 07 Jun 2016 06:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31460

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo