UMM Institutional Repository

PENGARUH PERSEPSI LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK MINUMAN BERENERGI

SANDI, ARIS SETYAWAN PRIMA (2012) PENGARUH PERSEPSI LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK MINUMAN BERENERGI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--arissetyaw-28200-2-babi.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--arissetyaw-28200-1-pendahul-n.pdf

Download (511kB) | Preview

Abstract

Didalam pasar industri makanan dan minuman sekarang ini, telah banyak beredar minuman dalam botol yang tidak berlabel halal. Ditengah-tengah masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam, Peredaran minuman dalam botol yang tidak berlabel halal tersebut dipasaran, memungkinkan persepsi konsumen tentang minuman dalam botol secara keseluruhan mejadi beragam ataupun menjadi negatif, termasuk persepsi konsumen terhadap minuman berenergi cair dalam botol. Disisi lain, minuman berenergi ini setiap tahun mendapatkan penghargaan dalam kategori peningkatan penjualan. Ini mengindikasikan bahwasanya minuman berenergi disini diminati masyarakat. Hal ini menjadi daya tarik peneliti karena ditengah-tengah masyarakat Indonesia yang mayoritas Muslim, persepsi kehalalani minuman dalam botol menjadi beragam, tetapi minuman berenergi tetap diminati masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh persepsi konsumen atas label halal pada produk minuman berenergi terhadap keputusan pembelian konsumen.Mengetahui bagaimana korelasi antara persepsi konsumen atas pencantuman label halal pada produk minuman berenergi dengan keputusan pembelian. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda yang merujuk pada uji F, uji t, nilai r, serta R2. Hasil analisis menunjukan bahwa Pengaruh persepsi label halal terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk minuman berenergi, dengan variabel perhatian, pemahaman, dan ingatan secara simultan yang signifikan atau serentak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Sedangkan diantara ketiga variabel bebas tersebut, variabel perhatian dan variabel ingatan yang secara individu atau parsial berpengaruh terhadap variable dependen, hanya variabel pemahaman saja yang tidak berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen. Tingkat hubungan atau korelasi antara variabel perhatian, pemahaman, ingatan dengan variabel keputusan pembelian adalah sangat kuat. Ini membuktikan bahwasanya keterkaitan antara perhatian, pemahaman, ingatan sangat kuat dengan keputusan pembelian konsumen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (61201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 07 Jun 2016 06:08
Last Modified: 07 Jun 2016 06:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31459

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo