UMM Institutional Repository

PERAMALAN PERMINTAAN UNTUK MENENTUKAN VOLUME PRODUKSI SUSU PASTEURISASI MERK SAE PADA KOPERASI SAE PUJON

Slamet, Bambang Edi (2012) PERAMALAN PERMINTAAN UNTUK MENENTUKAN VOLUME PRODUKSI SUSU PASTEURISASI MERK SAE PADA KOPERASI SAE PUJON. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--bambangedi-27657-1-pendahul-n.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--bambangedi-27657-2-babi.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Penerapan metode peramalan memberikan prosedur yang sistematis dalam menentukan kombinasi pengambilan keputusan yang memaksimumkan keseluruhan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan secara lebih efektif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil peramalan permintaan pada perusahaan susu Koperasi SAE Pujon dan untuk mengetahui pelaksanaan penyesuaian jumlah volume produksi dengan hasil peramalan permintaan pada perusahaan susu Koperasi SAE Pujon. Tehnik analisis data yang digunakan untuk peramalan perencanaan produksi pada susu pasteurisasi SAE pada perusahaan KOPSAE pujon Menggunakan metode linier reggretion/ least square. Berdasarkan hasil peramalan permintaan susu pasteurisasi SAE pada Koperasi SAE Pujon maka dapat diketahui bahwa pada tahun 2011 jumlah peramalan permintaan susu pasteurisasi merk SAE pada Koperasi SAE Pujon untuk tahun 2011 adalah sebesar 460.812,4 unit atau mengalami peningkatan sebesar 1,954% apabila dibandingkan dengan tahun 2010.Berdasarkan data penjualan maka hasil peramalan permintaan susu pasteurisasi merk SAE perlu disesuaikan dengan volume produksi pada Koperasi SAE Pujon. Hal tersebut dikarenakan jumlah peramalan permintaan tersebut meningkat sesuai dengan jumlah penjualan yang akan diramalkan. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu diharapkan pihak Koperasi SAE Pujon menggunakan metode trend linier dalam melakukan peramalan atas permintaan yang terjadi, hal tersebut dikarenakan data penjualan yang terjadi selama ini menunjukkan adanya fluktuasi yang tidak tajam atau cenderung konstan. Dalam penyusunan anggaran jumlah penjualan diharapkan Koperasi SAE Pujon perusahaan melakukan koordinasi dengan bagian yang lain dalam perusahaan, misalnya bagian pemasaran dengan harapan target peramalan yang telah dilakukan tersebut tercapai secara maksimal. Diharapkan pihak manajemen Koperasi SAE Pujon selalu melakukan evaluasi atas hasil yang telah dicapai sehingga dapat digunakan sebagai dasar dalam pencapaian target yang telah dutetapkan sesuai dengan peramalan yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (61201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 07 Jun 2016 03:08
Last Modified: 07 Jun 2016 03:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31425

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo