UMM Institutional Repository

EVALUASI KINERJA KEUANGAN PADA KOPERASI SERBA USAHA DELTA SURYATAMA MALANG PERIODE (2006-2008)

IKAYATI, (2011) EVALUASI KINERJA KEUANGAN PADA KOPERASI SERBA USAHA DELTA SURYATAMA MALANG PERIODE (2006-2008). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ikayati056-21111-PENDAHUL-N.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ikayati056-21111-BAB+I.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Dalam program pemerintah dewasa ini adalah memberantas kemiskinan atau dengan kata lain pemerintah berusaha meningkatkan taraf hidup masyarakatnya yang hidup di bawah garis kemiskinan atau keadaan perekonomian di bawah standar. Untuk itu sektor dana dinilai paling tepat untuk menunjang program tersebut, Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui kinerja keuangan (likuiditas, solvabilitas, dan rentabilitas) pada koperasi serba usaha Delta Suryatama di Malang. Menurut Dinas Perindagkop dalam penelitian ini, peneliti menggunakan analisis kuantitatif karena didukung oleh data kuantitatif dalam laporan keuangan dan perhitungan ¬perhitungan rasio tantang data tersebut .Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pada Rasio Likuiditas menilai kurang mampu koperasi untuk melunasi hutang jangka pendeknya yang harus dipenuhi sehingga dapat mengantisipasi adanya kredit macet dan setiap saat bisa melunasi kewajiban yang akan jatuh tempo. Aktiva lancar yang dimiliki semakin meningkat. Peningkatan komponen aktiva lancar terbesar terjadi pada hutang anggota. Hal ini seiring dengan kenaikan jumlah anggota tiap tahunnya dan adanya penambahan unit simpan pinjam, namun peningkatan total komponen lancar lebih besardari komponen aktiva lancar. Pada Rasio Solvabilitas menunjukkan seberapa besar kebutuhan dana yang dibiayai dengan hutang,semakin tinggi beban hutang yang dimiliki oleh koperasi dari waktu kewaktu dibandingkan dengan total asset yang dimiliki menunjukkan adanya resiko keuangan yang semakin tinggi. Rasio Solvabilitas dilihat dari kemampuan membayar hutang dengan modal sendiri.Dari hasil penelitiaan diatas untuk solvabilitas dalam memenuhi kebutuhan dananya yang dibiayai dengan hutang sangat rendah. Pada Rasio Rentabilitas kemampuan kopersi menghasilkan keuntungan dengan menggunakan total aktiva dan pendapatan brutonya baik, dan dari hasil perhitungan rasio diketahui bahwa kopersi cukup efektif dalam mendayagunakan total aktiva yang dimiliki demikian juga dengan modal sendiri yang dihasilkan dari periode 2006-2008 mengalami peningkatan dalam perkembangan aktiva yang dimiliki koperasi tidak terlalu besar dalam hal ini menimbulkan beban bunganya tidak terlalu tinggi pula, sehingga menyebabkan keuntungan yang dihasilkan cukup baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Development Economics (60201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 07 Jun 2016 03:08
Last Modified: 07 Jun 2016 03:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31424

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo