UMM Institutional Repository

PENGARUH LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESA

JATMIKO, WINARNO ESTI (2012) PENGARUH LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--winarnoest-27704-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--winarnoest-27704-2-babi.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Likuiditas perusahaan berkaitan secara langsung dengan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan. Hal tersebut dikarenakan tingkat likuiditas perusahaan secara langsung memberikan jaminan atas kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendek yang harus dipenuhi. Apabila perusahaan memiliki likuiditas yang stabil maka aktivitas perusahaan dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang diharapkan. Kondisi tersebut secara langsung dapat mendukung atas aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan sebagai upaya untuk memakismalkan potensi yang dimiliki dalam rangka untuk mendapatkan keuntungan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui signifikansi pengaruh likuiditas terhadap profitabilitas pada perusahaan farmasi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dan untuk mengetahui variabel likuiditas yang dominan berpengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan farmasi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t. Berdasarkan hasil uji F maka dapat diketahui bahwa likuiditas berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas pada perusahaan farmasi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Hasil koefisien regresi dapat membuktikan bahwa current ratio berpengaruh dominan terhadap profitabilitas pada perusahaan farmasi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini yaitu diharapkan perusahaan untuk tetap mempertahankan atas komposisi aktiva lancar yang dimiliki sehingga tetap memberikan jaminan atas kemampuan likuiditasnya. Upaya nyata yang dapat dilakukan yaitu dengan tetap memberikan jaminan bahwa kas, piutang dan persediaan yang dimiliki mampu memberikan jaminan atas sejumlah hutang atau kewajiban jangka pendek yang harus dipenuhi oleh perusahaan. Diharapkan para investor selalu melakukan analisis atas pencapaian profit yang dihasilkan oleh perusahaan, sehingga kegiatan investasi yanhg dilakukan benar-benar dapat memberikan jaminan atas sejumlah keuntungan sesuai dengan harapan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (61201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 07 Jun 2016 02:53
Last Modified: 07 Jun 2016 02:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31419

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo