UMM Institutional Repository

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG GO PUBLIK

Kadarsih, Vifti Ari Palupi (2012) ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG GO PUBLIK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--viftiaripa-27705-1-pendahul-n.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--viftiaripa-27705-2-babi.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, dimana data tersebut diambil dari pencatatan laporan keuangan pada perusahaan makanan dan minuman dan pengumpulan data dilakukan di Bursa Efek Indonesia dengan judul penelitian “Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Go Publik”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan pada perusahaan makanan dan minuman yang Go Publik yang terdaftar di BEI pada tahun 2009. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis rasio keuangan yakni suatu metode perhitungan dan interpretasi rasio keuangan untuk mengukur kinerja suatu perusahaan. Kesimpulan hasil analisis rasio keuangan untuk menilai kinerja perusahaan makanan dan minuman yang go publik pada tahun 2009 secara umum memiliki kinerja yang kurang baik. Hal ini didasarkan atas hasil analisis cross section yaitu dengan melakukan perbandingan atas kinerja keseluruhan perusahaan makanan dan minuman yang go public yang terdaftar di BEI dengan rata-rata industrinya. Beberapa saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini yaitu Bagi investor hendaknya memperhatikan dan mempertimbangkan dalam proses pemilihan pengalokasian dana pada perusahaan yang dipilih. Disamping memperhatikan kinerja keuangan hendaknya juga diperhatikan apakah perusahaan tersebut telah mampu memberikan nilai tambah bagi para penyandang dana. Bagi Perusahaan diharapkan perusahaan dapat memperkuat kemampuan likuiditasnya sehingga mampu untuk melunasi hutang lancar dengan aktiva lancar yang dimiliki. Langkah nyata yang dapat dilakukan yaitu dengan meningkatkan volume penjualan secara maksimal sehingga mampu untuk memperkuat posisi aktiva lancar yang dimiliki perusahaan. Diharapkan perusahaan dapat lebih mengendalikan dalam penggunaan jumlah modal pinjaman yang dimilki dengan harapan perusahaan dapat membayar bunga pinjaman sesuai dengan perjanjian yang telah ditetapkan dengan tujuan utama yaitu untuk menghasilkan laba bersih perusahaan secara maximal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (61201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 07 Jun 2016 02:49
Last Modified: 07 Jun 2016 02:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31417

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo