UMM Institutional Repository

PROFIL KELUARGA MISKIN DI KECAMATAN GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO

HASAN, EMIR (2010) PROFIL KELUARGA MISKIN DI KECAMATAN GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2010-emirhasan0-19687-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2010-emirhasan0-19687-BAB+I.pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tentang "Profil Keluarga Miskin di Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo". Tujuan penelitian ini dimaksud untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui karakteristik "sosial ekonomi" keluarga miskin yang ada di Desa Bulang dan Desa Sumberkerang Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo, 2 )Untuk mengetahui kebijakan yang diterapkan dalam penanggulangan kemiskinan yang ada di Desa Bulang dan Desa Sumberkerang Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini dilakukan di Desa Bulang dan Desa Sumberkerang dengan menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Dalam pengambilan sampel digunakan metode simpel random sampling, yang mana pengambilan sampelnya diambil berdasarkan penduduk miskin yang paling banyak menerima bantuan raskin dari pemerintah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan quesioner (angket). Analisa data menggunakan analisa deskriptif kualitatif yang disajikan dengan menggunakan tabel dan grafik. Data yang diperoleh dianalisis dengan mendasarkan pada teori yang ada serta diorganisasikan dengan memanfaatkan tabel. Berdasarkan analisa data, diperoleh hasil dengan kesimpulan bahwa : 1) karakteristik "sosial ekonomi" keluarga miskin diketahui sebagai berikut : pendidikan kepala rumah tangga responden sangat rendah yakni tidak tamat SD di Desa Bulang sebesar 30 % responden, sedangkan di Desa Sumberkerang sebesar 20 % responden, mata pencaharian sehari-hari para responden sebagai buruh tani di Desa Bulang yaitu sebesar 49 % responden, sedangkan di Desa Sumberkerang sebesar 41 % responden, tanggungan keluarga responden berkisar antara 1-2 orang sehingga jumlah tanggungan keseluruhan keluarga sebesar 4 orang (30 % responden) di Desa Bulang, sedangkan di Desa Sumberkerang sebesar 25 % responden. Besarnya pendapatan yang diperoleh para responden sangat minim yaitu kurang dari Rp. 150.000 / bulan sebesar 25 % responden di Desa Bulang, sedangkan di Desa Sumberkerang sebesar 36 % responden, rendahnya pendapatan tersebut juga akan berpengaruh terhadap pemenuhan akan akses kesehatan, yang mana dengan pendapatan yang rendah tersebut para penduduk miskin tidak mampu membawa keluarganya ke RS apabila sakit melainkan diobati sendiri 26 % responden di Desa Bulang, sedangkan di Desa Sumberkerang sebesar 19 %. Dengan pendapatan yang minim tersebut maka mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. 2) upaya penanggulangan kemiskinan, ada 2 perspektif yaitu : (a) penanggulangan kemiskinan dalam perspektif kecamatan, b) penanggulangan kemiskinan dalam perspektif responden.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Development Economics (60201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 07 Jun 2016 02:42
Last Modified: 07 Jun 2016 02:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31413

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo