UMM Institutional Repository

ANALISIS PERENCANAAN KEUANGAN PRIBADI YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH DI PERUMAHAN GRIYA SHANTA KOTA MALANG

Yogatama, Ahmad Nizar (2012) ANALISIS PERENCANAAN KEUANGAN PRIBADI YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH DI PERUMAHAN GRIYA SHANTA KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--ahmadnizar-27708-1-pendahul-n.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--ahmadnizar-27708-2-babi.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Kecamatan Lowokwaru di Kelurahan Mojolangu Kota Malang pada Perumahan Griya Shanta dengan judul “Analisis Perencanaan Keuangan Pribadi Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Rumah di Perumahan Griya Shanta Kota Malang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan keuangan pribadi apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian rumah dan apakah dari perencanaan keuangan tersebut yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian rumah di Perumahan Griya Shanta Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya yaitu dengan menggunakan uji sampel yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda yang terdiri dari uji f, uji t, koefisien korelasi, koefisien determinan (R2), uji asumsi klasik (Ordinary Least Square) yang terdiri dari uji normalitas, multikolinieritas, heterokedastisitas dan autokorelasi. Dari data yang diperoleh dan setelah dilakukan analisis, perencanaan keuangan pribadi yang mempengaruhi warga Perumahan Griya Shanta dalam membuat keputusan pembelian rumah secara positif dan keseluruhan adalah posisi keuangan atau sumber pembelanjaan, membuat rencana aksi dan penerapannya, serta melihat perkembangan, evaluasi dan penyusunan rencana kembali, sedangkan tujuan dan prioritas serta analisa informasi berpengaruh positif dan negatif dan tidak berpengaruh secara individu terhadap keputusan pembelian rumah. Perencanaan keuangan pribadi tersebut menjelaskan 66.3% yang mempengaruhi keputusan pembelian rumah di Perumahan Griya Shanta berdasarkan hasil koefisien determinan (R2) sebesar 0.663, sedangkan sisanya sebanyak 33.7% dijelaskan oleh variabel yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa keputusan pembelian rumah didasari dengan melihat posisi keuangan atau sumber pembelanjaan, membuat rencana aksi dan penerapannya, serta melihat perkembangan, evaluasi dan penyusunan rencana kembali, sedangkan tujuan dan prioritas serta analisa informasi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian rumah, kemudian yang mempunyai pengaruh paling besar adalah melihat perkembangan, evaluasi dan penyusunan rencana kembali yang menunjukkan angka sebesar 0.790 yang berarti bahwa 79% berpengaruh positif dalam membuat keputusan pembelian rumah di Perumahan Griya Shanta Kota Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (61201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 07 Jun 2016 02:25
Last Modified: 07 Jun 2016 02:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31410

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo