UMM Institutional Repository

ANALISIS KEPUASAN NASABAH ATAS DIMENSI KUALITAS PELAYANAN PADA BANK SYARIAH MANDIRI MALANG

AKMALIA, IKFI (2012) ANALISIS KEPUASAN NASABAH ATAS DIMENSI KUALITAS PELAYANAN PADA BANK SYARIAH MANDIRI MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--ikfiakmali-27713-1-pendahul-n.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--ikfiakmali-27713-2-babi.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pada nasabah dengan judul “Analisis Kepuasan Nasabah atas Dimensi Kualitas Pelayanan Bank Syariah Mandiri Malang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan nasabah atas dimensi kualitas pelayanan yang diberikan oleh Bank Syariah Mandiri Malang. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui kepuasan nasabah atas dimensi kualitas pelayanan yang diberikan Bank Syariah Mandiri Malang adalah menggunakan Iindeks kepuasan pelangan (IKP) dan Diagram Kartesius. Dari hasil perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa hasil perhitungan dengan menggunakan Indeks kepuasan pelanggan (IKP) atas dimensi kualitas pelayanan (Tangible, Reliabilty, Responsiveness, Assurance, Emphaty yang diberikan oleh Bank Syariah Mandiri Malang adalah dari 16 indikator) terdapat 9 indokator yang mewakili kepuasan nasabah, sedangkan 7 indikator tidak disetujui nasabah untuk memberikan kepuasan pada nasabah, atau yang memiliki kepuasan nasabah sebesar 56% nasabah, sedangkan nasabah yang tidak puas sebsesar 43%. Dari hasil perhitungan di atas dapat disimpulkan berdasarkan Diagram Kartesius, diketahui bahwa dimensi kualitas pelayanan (Tangible, Reliabilty, Responsiveness, Assurance, Emphaty) yang berada di kuadran A atau yang perlu ditingkatkan adalah indikator layanan yang cepat tanpa banyak antrian. Sedangkan pada kuadran B atau yang dipertahankan adalah Penampilan rapi karyawan, Keamanan ketika bertransaksi dibank Syariah Mandiri Malang, Karyawan yang dapat dipercaya, Karyawan yang berpengetahuan luas sehingga mampu menjawab pertanyaan nasabah, Jasa yang disampaikan dengan tepat dan jelas, Jadwal pelayanan tepat, dan Ruang tunggu yang nyaman atau luas. Untuk hasil diagram kartesius dalam katagori C atau prioritas rendah adalah system pencatatan yang akurat dan bebas dari kesalahan, karyawan yang memberikan perhatian personal kepada nasabah, dan juga perusahaan yang bersungguh-sungguh memperhatikan kepentingan setiap nasabah. Untuk Hasil Diagram Kartesius dalam katagori Kuadran D atau berlebihan adalah Karyawan yang memahami kebutuhan spesifik nasabah, karyawan yang selalu bersikap sopan terhadap nasabah, kesiapan untuk merespon permintaan nasabah, Kesedian untuk membantu nasabah, penggunaan teknologi yang modern.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (61201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 07 Jun 2016 01:59
Last Modified: 07 Jun 2016 01:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31402

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo