UMM Institutional Repository

AKTA PERJANJIAN PERKAWINAN MENURUT KOMPILASI HUKUM ISLAM DAN UU NO.1 TAHUN 1974

Prafitasari, Erfina Nofa (2011) AKTA PERJANJIAN PERKAWINAN MENURUT KOMPILASI HUKUM ISLAM DAN UU NO.1 TAHUN 1974. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-erfinanofa-22620-PENDAHUL-N.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-erfinanofa-22620-BAB+I.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Tugas akhir ini mengambil topik mengenai AKTA PERJANJIAN PERKAWINAN PERKAWINAN MENURUT KOMPILASI HUKUM ISLAM DAN UU NO.1 TAHUN 1974 dan pada kesempatan ini peneliti memaparkan isi perjanjian dalam akta tersebut serta menganilsa tiap-tiap pasal yang terdapat pada akta perjanjian tersebut. Jenis Penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian studi pustaka (Library Research), sedangkan tekhnik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan cara pengumpulan bahan-bahan pustaka dengan menelusuri buku-buku dan tulisan-tulisan yang terkait dengan permasalahan sebagai objek analisis untuk dapat diinfentarisir, kemudian peneliti menggunakan Al-qur’an dan Hadits, UUP No 1 Tahun 1974, Kompilasi Hukum Islam serta akta perjanjian yang peniiti peroleh dari Kantor Urusan agama Kecamatan Klojen sebagai bahan Hukum Primer, pustaka serta pendapat para ahli yang memberikan penjelasan dengan tafsiran mengenai mengenai sumber primer dan hasil-hasil penelitian, lewat berbagai literatur, majalah jurnal, dan karya ilmiah merupakan Sumber bahan Hukum sekunder, kamus dan ensiklopedi merupakan sumber bahan hukum tersier. Perjanjian Perkawinan yang dipaparkan oleh peneliti merupakan perjanjian perkawinan yang mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena dicatatkan oleh pejabat yang berwenang, dalam hal ini adalah Notaris. Mengenai isi perjanjian yang terdapat dalam akta perjanjian, para pihak telah sepakat untuk menjelaskan dalam tiap-tiap pasal akta perjanjian tersebut. Dalam hal ini yang telah disepakati oleh para pihak untuk diperjanjiakan adalah mengenai harta bersama, kewajiban suami serta pembagian harta bersama apabila terjadi perceraian yang mana isi dari perjanjian tersebut telah menyimpangi dari adanya pengaturan yang terdapat pada Undang-Undang No.1 Tahun 1974 dan Kompilasi Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 03 Jun 2016 11:40
Last Modified: 03 Jun 2016 11:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31375

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo