UMM Institutional Repository

TINJAUAN YURIDIS KRIMINOLOGIS TENTANG TINDAK PIDANA PEMERKOSAAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK ( Studi Di Polresta Malang )

SAKTI, PUTRA MAHLIGA (2011) TINJAUAN YURIDIS KRIMINOLOGIS TENTANG TINDAK PIDANA PEMERKOSAAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK ( Studi Di Polresta Malang ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-putramahli-22621-01+PENDA-N.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-putramahli-22621-02+BAB+1.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini kenakalan remaja grafiknya semakin meningkat dan cenderung mengarah pada tindakan pidana, salah satunya tindak pidana pemerkosaan. Apabila tindak pidana pemerkosaan dilihat dari perspektif Kriminologinya, maka kita dapat mengetahui masalah yang didasarkan pada latar belakang mengenai apa yang menyebabkan sesorang melakukan tindak pidana pemerkosaan, dikarenakan ilmu Kriminologi mempelajari apa yang melatar belakangi sesorang melakukan suatu kejahatan.Di PPA Polresta Malang, sendiri menyebutkan bahwa tindak pidana pemerkosaan yang di lakukan oleh anak 3 tahun terakhir terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2008, 4 kasus, tahun 2009 ,6 kasus,tahun 2010, 7 kasus. Penelitian ini mengambil suatu permasalahan, Faktor apa yang mempengaruhi anak dalam melakukan tindak pidana pemerkosaan? Dan bagaimanakah perspektif kriminologis terhadap fenomena pemerkosaan yang dilakukan oleh anak di Kota Malang ? Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis kriminologis, sumber data diperoleh melalui dua cara yaitu sumber data primer dengan cara wawancara langsung,data sekunder yaitu literatur yang berhubungan dengan permasalahan. Teknik pengumpulan datanya berupa wawancara dengan responden dan studi kepustakaan. Analisa data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui Faktor yang mempengaruhi anak dalam melakukan tindak pidana pemerkosaan adalah Faktor Lingkungan, Kontrol Emosi dan Nafsu Seksualnya dan Faktor Dari Korban Pemerkosaan. Dilihat dari perspektif kriminologis, pemerkosaan yang dilakukan oleh anak di Kota Malang kedepannya akan semakin bertambah melihat gaya hidup para remaja Kota Malang Yang semakin bebas, dan perilaku masyarakat yang belum bisa mengubah kebiasaan buruknya, memberikan contoh yang buruk pada anak. Kesimpulannya, seorang anak melakukan tindak pidana pemerkosaan dikarenakan faktor lingkungan yang mempengaruhi perkembangan mental anak serta Kontrol emosi dan nafsu seksualnya dan juga faktor dari korban pemerkosaan. Solusinya, sebaiknya para remaja membatasi gaya hidup bebas antara perempuan dan laki - laki,, serta masyarakat memberi contoh yang baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 03 Jun 2016 11:37
Last Modified: 03 Jun 2016 11:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31374

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo