UMM Institutional Repository

RASIONALITAS KEPENTINGAN NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG DALAM RATIFIKASI PROTOKOL KYOTO

ASTRIATI S, FENI (2011) RASIONALITAS KEPENTINGAN NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG DALAM RATIFIKASI PROTOKOL KYOTO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-feniastria-21948-BAB+I.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Protokol Kyoto merupakan persetujuan yang dihasilkan dari UNFCCC (United Nation Convention on Climate Change) yang dirancang bagi para peserta penandatanganan Konvensi sebagai upaya untuk mengatasi dampak perubahan iklim. Proses perundingan yang dilakukan oleh Kelompok Negara Maju dan Negara Berkembang melibatkan banyak kepentingan. Kelompok-kelompok negara ini bernegosiasi untuk menciptakan kesepakatan target penurunan emisi yang dapat mengakomodasi kepentingan banyak pihak. Dalam proses disetujuinya Protokol Kyoto, tidak terlepas dari rasionalitas kelompok negara dalam memandang potensi dan manfaat yang akan didapat dari tindakan meratifikasi Protokol Kyoto. Teori yang digunakan oleh penulis adalah teori dan Staghunt Theory. Kemudian metode penelitian yang digunakan adalah metode eksplanatif, dimana metode ini mencoba menjelaskan fenomena dengan dua variabel, yaitu kepentingan kelompok negara dalam Protokol Kyoto sebagai variabel dependen dan ratifikasi Protokol Kyoto sebagai variabel independen. Berdasarkan teori Staghunt, dapat dijabarkan bagaimana landasan pemikiran masing-masing negara tersebut sehingga dapat bersatu untuk melaksanakan Protokol Kyoto, meskipun pada dasarnya memiliki motif-motif yang berbeda. Sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi dasar Negara Maju dalam Protokol Kyoto adalah untuk menghindari kerugian, dan motivasi dasar Negara Berkembang adalah untuk mendapatkan keuntungan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations (64201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 03 Jun 2016 08:37
Last Modified: 03 Jun 2016 08:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31353

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo