UMM Institutional Repository

KERJASAMA INDONESIA dengan AMERIKA SERIKAT MELALUI NAVY MEDICAL RESEARCH UNIT (NAMRU)

USMAN, TRY HANIFUDDIN (2011) KERJASAMA INDONESIA dengan AMERIKA SERIKAT MELALUI NAVY MEDICAL RESEARCH UNIT (NAMRU). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-tryhanifud-21977-Bab+I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-tryhanifud-21977-Pendahul-n.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

Keberadaan laboratorium NAMRU di Indonesia adalah sebagai bentuk kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Amerika Serikat. NAMRU sendiri telah berada di Indonesia selama beberapa dekade. Selama keberadaannya di Indonesia, NAMRU bekerjasama dengan pemerintah Indonesia dalam bidang penelitian penyakit menular yang ada di Indonesia. Namun pada akhirnya keberadaan NAMRU menimbulkan polemik, dikarenakan banyak pihak yang mempertanyakan apa manfaat keberadaan NAMRU di Indonesia, apakah merugikan ataupun menguntungkan. Sampai pada akhirnya laboratorium pusat NAMRU-2 yang ada di Jakarta ditutup. Tetapi kemudian bubarnya NAMRU tidak menghentikan kerjasama antara kedua negara dalam bidang penelitian penyakit menular. Satu tahun setelah ditutupnya NAMRU, didirikanlah sebuah lembaga yang bernama IUC (Indonesia-United State Centre for Medical Research) dengan tugas yang sama dengan NAMRU yaitu penelitian penyakit menular, tetapi tidak lagi melibatkan militer. Sesuai dengan hasil penelitian yang kami dapatkan disimpulkan bahwa, meskipun banyak pihak yang menentang kerjasama dengan NAMRU, ternyata keberadaan NAMRU memberikan manfaat yang cukup banyak selama keberadaannya di Indonesia. Mulai dari penemuan obat malaria, dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepada para ilmuwan dan mahasiswa setiap tahunnya, membantu mengurangi tingkat penyebaran penyakit di beberapa daerah bekerja sama dengan departemen kesehatan. Jadi dengan beberapa manfaat yang cukup signifikan seperti itu, jadi wajar jika pemerintah tetap mempertahankan kerjasama tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 03 Jun 2016 08:29
Last Modified: 03 Jun 2016 08:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31348

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo