UMM Institutional Repository

UPAYA PEMERINTAHAN SBY DALAM MENINGKATKAN CITRA PARIWISATA INDONESIA DI MATA DUNIA INTERNASIONAL TAHUN 2004-2011

AGENG P, HAVIDZ (2011) UPAYA PEMERINTAHAN SBY DALAM MENINGKATKAN CITRA PARIWISATA INDONESIA DI MATA DUNIA INTERNASIONAL TAHUN 2004-2011. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-havidzagen-21982-BAB+I.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-havidzagen-21982-PENDAHUL-N.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

Indonesia memiliki kemampuan untuk melakukan berdiplomasi melalui jalur pariwisata, dimana citra Indonesia sempat menurun di dunia internasional pasca terjadinya berbagai terorisme bom di berbagai daerah, khususnya yang terjadi di daerah tujuan wisata yang cukup banyak menyerap dan mendatangkan wisatawan asing, dimana korban yang terkena dampak dari bom bunuh diri tersebut ada dari wisatawan asing yang sedang berkunjung, akibatnya terjadi himbauan pelarangan berkunjung ke-Indonesia (baik lokal maupun nasional). Sejak aksi bom Bali pertama, pariwisata Indonesia mengalami sedikit penurunan karena kurangnya kepercayaan kepada Indonesia. Dengan menggunakan pariwisata Indonesia, dalam menarik kembali wisatawan asing dan mendapatkan kepercayaan dari dunia internasional, berbagai upaya dilakukan pada masa pemerintahan SBY, dan meyakinkan bahwa pariwisata Indonesia memang layak untuk dikunjungi, pariwisata Indonesia yang menawarkan wisata alam dan wisata budayanya tidak bisa ditolak dan dihindari oleh sebagian besar para wisatawan asing yang pernah mengunjungi Indonesia. Tidak hanya Indonesia yang mengusung Visit Indonesia Year sebagai state branding-nya yang memikat wisatawan asing, tetapi juga banyak pariwisata daerah juga yang membuat iconnya sendiri dengan brandnya masing-masing, inilah yang menjadi daya tariknya, masing-masing daerah mempromosikan dan mengusung potensi pariwisatanya untuk memikat wisatawan asing dengan melupakan kejadian yang telah sempat membuat pariwisata Indonesia mati suri. Kembalinya kepercayaan Internasional melalui citra pariwisatanya membuat Indonesia menjadi hidup kembali karena pariwisata adalah sumber daya alam dan manusia yang tidak pernah habis karena dapat diperbaharui, tidak seperti sumber daya alam lainnya yang bisa habis karena tidak dapat diperbaharui.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 03 Jun 2016 08:16
Last Modified: 03 Jun 2016 08:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31343

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo