UMM Institutional Repository

TINJAUAN YURIDIS SOSIOLOGIS PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENCURIAN KENDARAAN BERMOTOR (Studi di wilayah hukum Polsekta Lowokwaru)

Yuliani, Dwi (2011) TINJAUAN YURIDIS SOSIOLOGIS PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENCURIAN KENDARAAN BERMOTOR (Studi di wilayah hukum Polsekta Lowokwaru). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dwiyuliani-22759-PENDAHUL-N.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dwiyuliani-22759-BAB+I.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Tindak pidana pencurian kendaraan bermotor khususnya sepeda motor di wilayah hukum Polsekta Lowokwaru Malang mencapai rata-rata tiap bulannya 27 kasus, terhitung mulai bulan Januari sampai bulan Desember 2010. Hal ini disebabkan oleh banyaknya perguruan tinggi di wilayah ini yang mengakibatkan banyaknya ntmah kos yang dihuni oleh pendatang baru yang kebanyakan berkendara sepeda motor. Hal inilah yang menyebabkan banyaknya kasus pencurian kendaraan bermotor khususnya sepada motor di wilayah Polsekta Lowokwaru Malang. Penelitian ini mengambil rumusan masalah: Bagaimana strategi penyidikan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor di Polsekta Lowokwaru Malang clan hagaimana modus tindak pidana pencurian kendaraan bermotor dalam penyidikan di Polsekta Lowokwaru Malang. Peneiitian ini menggunakan metode pendekatan Yuridis Sosiologis, teknik pengumpulan datanya berupa wawancara dengan pihak-pihak yang berkompeten dan Dokumentasi terhadap data-data di Polsekta Lowokwaru Malang yang berkaitan dengan penyidikan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor. Strategi penyidikan yang digunakan oleh penyidik dalam penyidikan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor dilakukan dengan cara interogasi, pengkondisian, membuktikan sesuai dengan bukti awal, pertanyaan tersamar, pemecah belah, pembinaan atau penggalangan, menekan, Modus yang digunakan untuk mencuri, sepeda motor banyak ragamnya, pencurian sepeda motor mempergunakan kunci T, Mengganti plat sepeda motor, Jual parfum oleh wanita cantik, Menyamar sebagai anggota reserse, Memperdaya korban dengan meracun, Mengganti rumah kunci, Tak Pelak pelaku juga sering mengbunakan kekerasan bahkan tak segan-segan untuk menghilangkan nyawa pemiliknya Kesimpulannya, strategi penyidikan yang dilakukan penyidik dalam penyidikan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor, tidak sepenuhnya sesuai dengan aturan yang mengatur yaitu KUHAP dan lampiran SKEP KABARESKRIM, NO POL: SKEPl8?/XII/2006/BARESKRIM tanggal 15 desember 2006. Dandari beberapa ragam modus, modus yang digunakan adalah dengan menggunakan anak kunci palsu dengan cara mengambil kunci dan menggunakan kunci "T".

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 03 Jun 2016 08:02
Last Modified: 03 Jun 2016 08:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31338

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo