UMM Institutional Repository

PERAN ASEAN DALAM PENANGANAN PENGUNGSI ROHINGYA DARI MYANMAR

NURFADILLAH, DWI ARIDYA (2011) PERAN ASEAN DALAM PENANGANAN PENGUNGSI ROHINGYA DARI MYANMAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dwiaridyan-22236-BAB+I.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dwiaridyan-22236-Pendahul-n.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan organisasi regional di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) terkait mengenai persoalan pengungsi yang berasal dari salah satu Negara anggotanya yakni Myanmar. Konflik yang terjadi di Myanmar dilandasi atas keinginan kaum minoritas untuk mendapatkan kesejajaran dan perlakuan yang sama dengan kelompok mayoritas di negara tersebut. Hal ini mengakibatkan pemerintah yang menginginkan kelompok mayoritas sebagai identitas bangsa melalukan tindakan yang melanggar hak asasi manusia seperti yang terjadi pada pengungsi Rohingya yang tidak hanya mengundang reaksi masyarakat international namun juga mengundang reaksi non-goverment international. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif (non eksperimen) yakni berusaha menggambarkan dan menganalisa berbagai situasi yang menjadi bagian dari permasalahan yang diteliti. Konsep regionalism digunakan dalam menganalisa masalah pada penelitian ini karena, regionalism mencakup kerjasama antar kawasan dengan kesamaan permasalahan semisal masalah ekonomi, social, budaya, politik serta keamanan. Interdepedensi adalah ciri khusus yang terlihat dalam regionalisme dan interdepedensi antar region inilah yang memunculkan konflik keamanan dari dalam sekaligus ancaman intervensi dari luar. Hasil dari penelitian ini menyebutkan peran yang diambil oleh ASEAN dalam penanganan pengungsi Rohingya dari Myanmar yakni mengambil langkah penyelesaian yang bersifat regional dan dihadiri para menteri luar negeri masing masing Negara anggota ASEAN di dalam Bali Regional Misterial Conference atau Bali Process yang dilaksanakan di Bali. Hasil akhir dari Bali Process adalah terbentuknya suatu Ad Hoc Working Group yang membahas current issues yang lebih besar dan tercipta komitmen yang jelas bagi para pengungsi Rohingya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 03 Jun 2016 07:58
Last Modified: 03 Jun 2016 07:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31336

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo