UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE LATIHAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X MA MUHAMMADIYAH 1 MALANG TAHUN AJARAN 2010/2011

SUSANGKA, ROMA HADI TRI (2011) PENERAPAN METODE LATIHAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X MA MUHAMMADIYAH 1 MALANG TAHUN AJARAN 2010/2011. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-romahaditr-22972-PENDAHUL-N.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-romahaditr-22972-BAB+1.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi kemampuan menulis cerpen siswa kelas X MA Muhammadiyah 1 Malang yang masih rendah. Hasil observasi di MA Muhammadiyah 1 Malang menunjukan bahwa siswa kelas X memiliki kemampuan menulis cerpen kurang maksimal. Siswa mengalami kesulitan dalam menentukan tema, membuat kerangka karangan, dan mengembangkan cerpen tersebut menjadi sebuah cerpen. Penyebab kesulitan dan rendahnya kemampuan siswa ini karena kurangnya motivasi siswa dalam menulis cerpen dan pembelajaran yang kurang tepat. Oleh sebab itu, penerapan metode latihan terbimbing diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut. Permasalahannya adalah bagaimanakah penerapan metode latihan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X MA Muhammadiyah 1 Malang dan bagaimankah peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X MA Muhammadiyah 1 Malang setelah menggunakan metode latihan terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan dan meningkatkan kemampuan menulis cerpen siwa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MA Muhammadiyah 1 Malang dengan subjek penelitian siswa kelas X MA Muhammadiyah 1 Malang sebanyak 18 siswa. Data penelitian ini berupa aktivitas siswa saaat proses pembelajaran menulis cerpen serta hasil nilai peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa. Data tersebut diperoleh dengan teknik wawancara, pengamatan, diskusi, tes, dan studi dokumenter. Penelitian ini menempatkan guru sebagai pengamat saat tindakan dan peneliti sebagai pelaksana tindakan. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi, menyajikan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan persentase ketuntasan belajar menulis cerpen siswa. Pada saat sebelum tindakan ketuntasan belajar siswa hanya 57.9 %, siklus I meningkatkan 65.2 %, dan siklus II meningkat lagi menjadi 73.3 %. Oleh karena itu, hasil menulis cerpen sebelum tindakan dan setelah tindakan siklus II mengalami peningkatan sebesar 15,4 %. Siswa juga lebih antusias dan aktif saat pelaksanaan metode latihan terbimbing. Dengan demikian, pembelajaran menulis cerpen melalui metode latihan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X MA Muhammadiyah 1 Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 02 Jun 2016 10:37
Last Modified: 02 Jun 2016 10:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31304

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo