UMM Institutional Repository

ANALISIS SEMIOTIKA TERHADAP MITOS ATAU KEPERCAYAAN TENTANG KEMATIAN PADA MASYARAKAT DESA JATIADI KABUPATEN PROBOLINGGO

Irawan, Deki (2011) ANALISIS SEMIOTIKA TERHADAP MITOS ATAU KEPERCAYAAN TENTANG KEMATIAN PADA MASYARAKAT DESA JATIADI KABUPATEN PROBOLINGGO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dekiirawan-23103-PENDAHUL-N.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dekiirawan-23103-BAB+I.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

Budaya merupakan inti dari masyarakat yang mencerminkan identitas yang harus dipertahankan oleh suatu bangsa. Budaya yang terdapat dalam suatu negara menjadikan kehidupan masyarakat lebih teratur dan berprinsip kuat. Mengingat pentingnya kebudayaan bagi negara, maka harus dilakukan upaya-upaya untuk melestarikannya, agar kebudayaan di Indonesia tidak luntur dan terkikis oleh zaman yang semakin modern. Penelitian ini bertujuan mengungkap budaya Desa Jatiadi Kabupaten Probolinggo agar dapat dipahami oleh masyarakat di luar Probolinggo. Penelitian ini merupakan penelitian analisis semiotika terhadap mitos atau kepercayaan tentang kematian. Permasalahan yang diteliti mencangkup: (1) Sistem tanda verbal yang terdapat dalam mitos atau kepercayaan tentang kematian yang diyakini oleh masyarakat Desa Jatiadi Kabupaten Probolinggo, dan (2) makna tanda nonverbal dalam mitos dan kepercayaan tentang kematian pada masyarakat Desa Jatiadi Kabupaten Probolinggo. Tujuan penelitian ini, (1) mendeskripsikan sistem tanda verbal pada mitos atau kepercayaan tentang kematian yang diyakini dimasyarakat Desa Jatiadi Kabupaten Probolinggo, dan (2) mendeskripsikan makna tanda nonverbal pada mitos atau kepercayaan tentang kematian yang berkembang dimasyarakat Desa Jatiadi Kabupaten Probolinggo. Data yang dikumpulkan berupa sejumlah informasi dari tokoh masyarakat yang berada di Desa Jatiadi Kabupaten Probolinggo. Adapun data dalam penelitian ini berwujud verbal, yaitu berupa informasi berupa cerita dari tokoh masyarakat yang berada di Desa Jatiadi Kabupaten Probolinggo. Adapun sumber data lain berupa data nonverbal, yaitu berupa perbuatan manusia yang bersumber berupa objek dan kehidupan masyarakat yang berada di Desa Jatiadi Kabupaten Probolinggo yang berkaitan dengan mitos kematian, berdasar penuturan tokoh masyarakat Desa Jatiadi Kabupaten Probolinggo Hasil penelitian berupa gambaran tentang: 1) Sistem tanda nonverbal mitos atau kepercayaan tentang kematian yang berkembang di masyarakat Desa Jatiadi Kabupaten Probolinggo a) tanda bilangan atau angka (tanda berupa angka tiga, tujuh, genap), b) tanda berupa hari (tanda yang berupa hari jumat), dan 2) Makna tanda nonverbal pada mitos atau kepercayaan tentang kematian yang berkembang dimasyarakat Desa Jatiadi kabupaten Probolinggo a) tanda berupa benda (tanda yang berupa benda kapas, uang recehan, pelepah pisang, ranting sirih, beras, sesajen, gumpalan tanah, pengharum,bunga, daun pandan, kemenyan) b) tanda berupa perilaku (tanda yang berupa perilaku berjalan cepat, menjatuhkan genteng,anak kandung, saudara kandung, baju warna hitam, berjalan cepat).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 02 Jun 2016 10:33
Last Modified: 02 Jun 2016 10:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31303

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo