UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIIIA SMP RADEN FATAH BATU MELALUI PENGGUNAAN MEDIA LAGU

Tyas, Ika Rahayuning (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIIIA SMP RADEN FATAH BATU MELALUI PENGGUNAAN MEDIA LAGU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ikarahayun-23335-PENDAHUL-N.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ikarahayun-23335-BAB+I.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1) Drs. Sudjalil, M.Si, M.Pd (2) Drs. H. Fauzan M.Pd Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan yang peneliti temui saat melakukan studi pendahuluan di sekolah SMP Raden Fatah Batu. Dari studi pendahuluan tersebut ditemukan bahwa permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran menulis adalah siswa mengalami kesulitan dalam menulis puisi karena kosa kata yang dimiliki oleh siswa sangat terbatas dan kurang menunjang untuk menciptakan karya puisi. Disamping itu, melalui kegiatan wawancara dengan guru kelas VIIIA terungkap bahwa dalam kegiatan pembelajaran menulis guru jarang menggunakan media sehingga siswa kelihatan bosan. Oleh karena itu, peneliti mengajukan alternatif penyelesaian masalah dengan menggunakan media lagu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media lagu dan mendeskripsikan penggunaan media lagu dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIIIA SMP Raden Fatah Batu. Untuk mencapai tujuan tersebut, dirancanglah penelitian tindakan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas VIIIA SMP Raden Fatah Batu, sedangkan subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Raden Fatah Batu sebanyak 31 siswa dan guru Bahasa dan Sastra Indonesia. Data penelitian diperoleh dengan melakukan tes kepada siswa, wawancara kepada guru, observasi yang dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung dan studi dokumentasi. proses pembelajaran menulis puisi dengan menerapkan media lagu. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan menulis puisi siswa. Rancangan tindakan disusun dalam satuan siklus yang meliputi studi pendahuluan, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen utama pengumpul data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar pengamatan, pedoman wawancara. Dengan demikian, data yang dihimpun dalam penelitian ini meliputi data proses dan data hasil. Data proses berupa aktivitas guru dan siswa ketika tindakan pembelajaran berlangsung. Sedangkan data hasil penelitian berupa karangan siswa setelah diberi tindakan pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan media lagu dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi, hal itu dapat dilihat dalam presentase keberhasilan yang diperoleh siswa secara individu. Pada siklus I diperoleh presentase 72,05 % dengan kualifikasi sedang, siklus II presentase 86,20 % kemampuan siswa dalam menulis puisi bebas dengan kualifikasi baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:47
Last Modified: 02 Jun 2016 08:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31299

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo