UMM Institutional Repository

NILAI-NILAI DALAM LAGU POP ANAK PADA ALBUM 17 LAGU ANAK TERLARIS DAN TERPOPULER

WIJAYANTI, VENTI (2011) NILAI-NILAI DALAM LAGU POP ANAK PADA ALBUM 17 LAGU ANAK TERLARIS DAN TERPOPULER. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ventiwijay-23749-PENDAHUL-N.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ventiwijay-23749-BAB+I.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Lagu anak merupakan lagu bagi anak untuk mengungkapkan gagasan dan perasaannya sesuai dengan ciri khas setiap perkembangan anak, anak akan menghayati nilai dan sikap yang berguna bagi perkembangan dirinya menuju ke kedewasaan, sekaligus dapat mengembangkan kepekaan musikalnya secara sehat dan wajar. Lagu dianggap penting untuk diajarkan dan menjadi bagian dalam kurikulum di sekolah. Lagu pada umumnya merupakan bagian yang tak terpisahkan dari perkembangan seorang anak. Lagu khusus anak memang mulai jarang terdengar pada zaman ini. Malahan lebih banyak anak yang menyukai lagu cinta ala orang dewasa. Hal ini sebenarnya aka berdampak pada efek psikologis yakni membuat anak menjadi dewasa sebelum waktunya. Oleh sebab itu, penting untuk menggalakkan kembali kecintaan akan lagu anak. Lagu dipercaya memiliki banyak keunggulan khususnya bagi anak berupa pengembangan intelektualisasi (tingkat kecerdasan). Berusaha menanamkan nilai-nilai pendidikan di semua aspek kehidupannya dengan media dan sumber yang bermacam-macam dan hal itu pulalah yang melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang lengkap tentang nilai dalam 17 lagu anak terlaris dan terpopuler. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis, sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 17 lagu anak terlaris dan terpopuler. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah album musik yang berjudul ‘17 lagu anak terlaris dan terpopuler’ antara lain; Ratapanku, Catatanku, Mama I Love Yuo, SMS Cilik, Halo Papa, Libur Telah Tiba, Helly, Ambilkan Bulan Bu, Kasih Ibu, Tukang Bakso, dan Ulang Tahun. Teknik penelitian ini adalah menggunakan teknik dokumentasi. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai dalam lagu-lagu pop anak-anak pada album ‘17 lagu anak terlaris dan terpopuler’ terbagi menjadi tiga bagian yaitu, nilai sosial, nilai kepribadian, dan nilai religius. Adapun gambaran nilai sosial berupa kebaktian antar manusia. Kebaktian antar manusia terbagi lagi menjadi dua bagian yaitu; kepedulian dan hormat pada orang tua. Gambaran nilai kepribadian terbagi menjadi tiga bagian yaitu keberanian hidup, kerealistisan hidup dan kejujuran. Keberanian hidup terbagi menjadi dua bagian yaitu sikap berani karena benar dan anjuran pantang menyerah. Kerealistisan hidup terbagi menjadi dua bagian yaitu hemat dan rajin. Sedangkan kejujuran terbagi menjadi dua bagian yaitu penyesuaian ucapan dengan perbuatan dan tidak lari dari tanggung jawab. Sedangkan gambaran nilai religius berupa pengakuan kekuasaan Tuhan. Pengakuan kekuasaan Tuhan terbagi menjadi dua bagian yaitu kesadaran akan kebesaran Tuhan dan ketaqwaan kepada Tuhan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:38
Last Modified: 02 Jun 2016 08:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31298

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo