UMM Institutional Repository

KEPENTINGAN AMERIKA SERIKAT DALAM MENGINTERVENSI KONFLIK DARFUR DI SUDAN

Irfaniyah, Nur (2012) KEPENTINGAN AMERIKA SERIKAT DALAM MENGINTERVENSI KONFLIK DARFUR DI SUDAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurirfaniy-28406-2-babi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurirfaniy-28406-1-pendahul-n.pdf

Download (355kB) | Preview

Abstract

Secara letak geografis, Sudan menguasai penuh wilayah kunci mengontrol sumber air sungai Nil, yang mengalir ke Mesir, dan bisa juga dialirkan ke Israel. Sudan juga merupakan negara kunci Islam di Afrika, yang memiliki kedaulatan di laut Merah. Di wilayah Selatan, Sudan berbatasan dengan Kenya, Uganda, Kongo yang belum kuat syariat Islamnya. Sehingga Sudan menjadi benteng dari Selatan, sekaligus bisa menebarkan pengaruh Syariat Islam ke wilayah selatan dari Sudan, dan juga dari timur ada Somalia yang telah mendeklarasikan penerapan syariat Islam. Sedangkan Darfur adalah sebuah daerah di Sudan bagian barat, yang berbatasan dengan Republik Afrika Tengah dan Chad. Darfur dibagi menjadi tiga negara bagian federal di Sudan, Gharb Darfur (Darfur Barat), Janub Darfur (Darfur Selatan), dan Shamal Darfur (Darfur Utara). Dan Darfur merupakan kawasan yang kaya sumber minyak, uranium dan gas. Sehingga membuat Negara-Negara Adi daya ingin menguasainya, seperti Amerika Serikat yang mengintervensi konflik Darfur dengan menggunakan Intervensi Kemanusiaan sebagai alat untuk masuk dalam konflik tersebut. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian Deskriptif yaitu tipe penelitian yang bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, faktual, dan aktual mengenai fakta-fakta, sifa-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Dari hasil penelitian, penulis mendapatkan kesimpulan bahwa Amerika Serikat memang membutuhkan banyak minyak untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, untuk dapat mempertahankan kepentingan nasionalnya, dan juga untuk kebutuhan energy yang digunakan untuk menjaga stabilitas ekonomi AS dan dominasinya di dunia.Maka dari itu bisa di lihat bahwa Amerika Serikat mengintervensi konflik Darfur hanyalah karena ingin menguasai minyak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations (64201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 02 Jun 2016 06:47
Last Modified: 02 Jun 2016 06:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31293

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo