UMM Institutional Repository

MODALITAS INDONESIA DALAM KERJASAMA PERDAGANGAN BEBAS ASEAN – CHINA (ACFTA)

Aisyah, Anis Siti (2012) MODALITAS INDONESIA DALAM KERJASAMA PERDAGANGAN BEBAS ASEAN – CHINA (ACFTA). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anissitiai-28410-2-babi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anissitiai-28410-1-pendahul-n.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: Dyah Estu Kurniawati, M.Si & M. Syaprin Zahidi, S.IP Indonesia dengan kekuatan pasar domestik merupakan target pasar yang sangat besar, yang pasti akan segera tersaingi oleh industri negara tetangga. Perdagangan bebas akan mempercepat proses deindustrialisasi yaitu kemunduran sektor industri di suatu negara yang berlangsung secara berkelanjutan. Gejalanya diawali dengan adanya kenaikan biaya produksi yang Iebih besar dibanding dengan kenaikan harga jual produk di pasar. Dalam jangka pendek, tampaknya Indonesia akan mengalami penurunan jumlah tenaga kerja yang tidak hanya merugikan sektor industri dan ketenagakerjaan, tapi juga penerimaan negara. Dari latar belakang inilah maka yang menjadi permasalahan: bagaimana modalitas Indonesia dalam Kerjasama Perdagangan Bebas ASEAN-China (ACFTA)? Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu untuk mengeksplorasi dan klasifikasi mengenai suatu fenomena atau kenyataan sosial, dengan jalan mendeskripsikan sejumlah peristiwa yang berkenaan dengan masalah dan unit yang diteliti. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa modalitas Indonesia dalam Kerjasama Perdagangan Bebas ASEAN-China (ACFTA) yang menyangkut Kebijakan CAFTA telah melahirkan 2 pandangan yang berlawanan, satu sisi menyebutkan sebagai peluang bagi masyarakat Indonesia untuk lebih maju, sisi lain ada kekhawatiran melahirkan pengangguran atau menjadi buruh para pengusaha asing. Kedua pandangan tersebut masing-masing memiliki argument yang berbeda. Namun yang terpenting adalah penguatan daya saing yang memerlukan pembenahan infrastruktur dan energi, pemberian insentif, membangun KEK (Kawasan Ekonomi Khusus), memperluas akses pembiayaan dan pengu-rangan biaya bunga, pembenahan sistem logistik, pelayanan publik, serta penyederhanaan peraturan dan meningkatkan kapasitas kerja. Selain itu, pengamanan pasar domestik yang difokuskan kepada pengawasan tingkat border (pengamanan) serta peredaran barang di pasar lokal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relationship
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 02 Jun 2016 06:41
Last Modified: 02 Jun 2016 06:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31289

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo