UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN METODE PAIRED STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN NGURUHAN 1 KECAMATAN SOKO KABUPATEN TUBAN

NOVIANTI, ENDAH (2011) PENGGUNAAN METODE PAIRED STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN NGURUHAN 1 KECAMATAN SOKO KABUPATEN TUBAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-endahnovia-22772-BAB+I.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-endahnovia-22772-PENDAHUL-N.pdf

Download (460kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam berbicara. Hal ini disebabkan oleh ketika siswa diminta berbicara di depan kelas siswa tidak mau maju, diam membisu, lupa, tidak lancar dan dari 26 siswa hanya 8 siswa atau 31% yang memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu ≥ 65. Selain itu, metode guru yang kurang tepat dalam pembelajaran sehingga perlu adanya alternatif metode yang tepat. Karakter anak sekolah dasar yang lebih suka bercerita sehingga peneliti memilih metode paired storytelling sebagai alternatif peningkatan kemampuan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan penggunaan metode paired storytelling sebagai upaya peningkatan kemampuan berbicara Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Nguruhan 1, 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbicara Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Nguruhan 1. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilakukan dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Nguruhan 1 Kecamatan Soko Kabupaten Tuban dengan subjek kelas V yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan tes. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa 1) aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan metode Paired Storytelling meunjukkan peningkatan. Aktivitas guru dari 71% pada siklus I menjadi 86% pada siklus II dan aktivitas siswa meningkat dari 62% pada siklus I menjadi 74% pada siklus II, 2) hasil tes berbicara pada siklus I menunjukkan bahwa 16 siswa (62%) yang tuntas dan yang tidak tuntas 11 siswa (38%). Pada siklus II yang tuntas 20 siswa (77%) dan yang tidak tuntas 6 siswa (23%). Dari hasil tersebut diketahui hasil berbicara siswa meningkat 15%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 02 Jun 2016 06:25
Last Modified: 02 Jun 2016 06:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31281

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo