UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN BUNUTWETAN PAKIS KABUPATEN MALANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDUKTIF

Ernawati, (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN BUNUTWETAN PAKIS KABUPATEN MALANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDUKTIF. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ernawati07-22774-BAB+I.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ernawati07-22774-PENDAHUL-N.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian IPS Kelas IV SDN Bunutwetan Pakis Kabupaten Malang Semester II tahun pelajaran 2010/2011, sangat rendah di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) 65. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan dalam pembelajaran IPS adalah ceramah dan penugasan dan guru kurang melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Guru hanya berceramah sehingga membuat siswa banyak yang mengantuk, bosan dan ada ramai sendiri kemudian guru menugaskan siswa mengerjakan soal - soal di buku paket secara individu hingga pelajaran selesai. Hasil pekerjaan siswa dikumpulkan dan dikoreksi bersama saat pertemuan selanjutnya. Penguatan diakhir pelajaran hanya menyuruh siswa belajar sendiri di rumah. Akibat dari permasalahan tersebut hasil belajar siswa masih banyak yang mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM). Tujuan penelitian ini antara lain: (1) untuk mengetahui penerapan metode induktif untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Bunutwetan Pakis Kabupaten Malang, (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Bunutwetan Pakis Kabupaten Malang dengan menggunakan metode induktif, untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini dilakukan dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) pada pembelajarn IPS dengan menggunakan metode induktif, yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan metode induktif dalam pembelajaran IPS siklus 1 dan siklus 2 terlaksana dengan baik karena pembelajaran dilaksanakan dengan langkah-langkah metode induktif. Setiap siklus persentase ketuntasan hasil belajar pada tes akhir siswa mengalami peningkatan yaitu persentase ketuntasan siswa sebelum tindakan 25% (7 siswa) dan setelah tindakan pada siklus 1 menjadi 53,57% (13 siswa), dan meningkat menjadi 85,71% (24 siswa) pada siklus 2. Penelitian Tindakan Kelas ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Induktif dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Bunutwetan Pakis Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 02 Jun 2016 06:19
Last Modified: 02 Jun 2016 06:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31280

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo