UMM Institutional Repository

PERENCANAAN KESEIMBANGAN LINTASAN PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI DAN OUTPUT PRODUKSI (Study Kasus Pada Perusahaan Raket ROTAX Malang)

Wiedyansya, Angga (2012) PERENCANAAN KESEIMBANGAN LINTASAN PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI DAN OUTPUT PRODUKSI (Study Kasus Pada Perusahaan Raket ROTAX Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--anggawiedy-27393-1-pendahul-n.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--anggawiedy-27393-2-babi.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Masalah keseimbangan lintasan dalam aliran produksi masih sering diabaikan dalam perusahaan industri meskipun dalam kenyataannya masalah keseimbangan lintasan memegang peranan yang penting dalam pemenuhan target produksi yang telah direncanakan. Masalah yang dihadapi Perusahaan raket ROTAX Malang adalah perusahaan sering kali tidak dapat memenuhi permintaan konsumen yang disebabkan karena rendahnya jumlah produksi akibat adanya ketidakseimbangan pada lintasan produksinya. Adapun metode yang digunakan untuk menelaah masalah ini adalah metode Rank Position Weight dan Region Approach yang merupakan bagian dari metode Heuristic dimana metode ini merupakan pernyataan dari pendekatan trial and error. Metode Region Approach ini bergantung pada pengelompokkan operasi ke dalam beberapa region. Adapun analisa dilakukan dengan mengukur waktu kerja dari tiap – tiap operasi pembuatan raket bulutangkis merk Paradiso, yang mana pengukuran kerja dilakukan dengan menggunakan metode jam henti (SWTS). Dari hasil analisa dengan metode Region Approach diperoleh penurunan balance delay dari kondisi awal 41,64% menjadi 16,17% pada kondisi sesudah perencanaan, effisiensi meningkat dari 58,36 % menjadi 83,83 %, jumlah stasiun kerja berjumlah sama dengan kondisi awal perusahaan yaitu berjumlah 9 stasiun kerja. Dengan peningkatan kondisi ini perencanaan baru yang dihasilkan peneliti layak untuk diterapkan perusahaan guna peningkatan kondisi di perusahaannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering (26201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 01 Jun 2016 08:01
Last Modified: 01 Jun 2016 08:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31271

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo