UMM Institutional Repository

USULAN PENGEMBANGAN PRODUK MAKANAN RINGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (Di IKM Kerupuk Tahu Piranha)

SOVIANA, MARISA (2012) USULAN PENGEMBANGAN PRODUK MAKANAN RINGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (Di IKM Kerupuk Tahu Piranha). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--marisasovi-27397-1-pendahul-n.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--marisasovi-27397-2-babi.pdf

Download (36kB) | Preview

Abstract

Industri kerupuk yang semakin berkembang saat ini mulai dari kerupuk udang, kerupuk sayur, dll, tidak lagi membuat fungsi kerupuk menjadi hanya teman makan akan tetapi dapat dijadikan sebagai teman bersantai atau camilan seperti halnya kerupuk tahu. Dengan banyaknya Industri kerupuk tahu yang bermunculan memaksa IKM Piranha untuk dapat bersaing dengan industri kerupuk tahu lainnya. Saat ini IKM Piranha merasakan kekurangan pada kualitas produknya, terutama dalam bentuk dan rasa dari kerupuk tahu. Selama ini bentuk dan rasa dari kerupuk tahu IKM Piranha kurang inovasi, hal ini menyebabkan minat konsumen menurun dari waktu ke waktu. Salah satu cara untuk mencapai perbaikan kualitas hasil produksi yang terus-menerus adalah dilakukan pengembangan produk dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). QFD merupakan metode yang berorientasi pada keinginan konsumen atau alat analisa kebutuhan konsumen dalam merancang suatu produk berdasarkan keinginan konsumen. Hasil kajian menunjukkan bahwa atribut rasa yang lebih gurih, rasa lebih variatif, warna natural, bentuk lebih variatif, teksturnya renyah, kemasan lebih menarik, harga terjangkau, pencantuman batas kadaluarsa, dan mudah diperoleh merupakan atribut yang diinginkan oleh konsumen. Dan langkah yang harus dilakukan oleh IKM Piranha untuk memenuhi keinginan konsumen tersebut adalah tahu dengan kualitas baik, mencantumkan batas kadaluarsa, penambahan variasi rasa, bentuk kerupuk tahu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering (26201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 01 Jun 2016 07:51
Last Modified: 21 Mar 2018 02:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31266

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo