UMM Institutional Repository

PENERAPAN 5R DALAM LEAN MANUFACTURING GUNA MENGURANGI WASTE (Studi Kasus di PT. Bromo Experience)

MULYO, WIBISONO BUDHI (2011) PENERAPAN 5R DALAM LEAN MANUFACTURING GUNA MENGURANGI WASTE (Studi Kasus di PT. Bromo Experience). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-wibisonobu-22681-PENDAHUL-N.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-wibisonobu-22681-BAB+I.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

PT. Bromo Experience menghasilkan produk berupa Panel Listrik. Kendala perusahaan dalam memproduksi produk adalah banyaknya waste atau pemborosan yang terjadi pada area assembling seperti melakukan pergerakan yang berulang-ulang, pencarian peralatan, hal tersebut terjadi karena penataan tempat kerja yang tidak teratur, seperti barang-barang tidak tertata rapi, kotor, peralatan berserakan dan tidak pada tempatnya. Untuk mengurangi waste (non value adding activity) yang terjadi, memperlancar waktu proses dan menciptakan lingkungan kerja yang baik, maka digunakan metode 5R dalam Lean Manufacturing. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan jenis-jenis waste pada proses tersebut, melakukan penerapan 5R pada area tersebut guna mengurangi waste dan melakukan perbandingan waktu sebelum dan sesudah penerapan 5R. Langkah pertama adalah menggambarkan aliran informasi dan aliran fisik guna mengetahui informasi keseluruhan proses produksi dan perakitan panel listrik, kemudian untuk mengetahui jenis waste pada proses assembling dilakukan value stream proses, selanjutnya dilakukan penerapan 5R, langkah pertama yaitu ringkas membedakan dan memilah milah antara barang yang digunakan dan tidak digunakan, rapi dilakukan dengan memberikan kode lokasi tempat penyimpanan dan penataan barang, resik dilakukan dengan pembersihan alat-alat dan pembuatan jadwal kebersihan, rawat dilakukan dengan membuat SOP(standart operation procedure) dan elemen therblig dan untuk penerapan rajin peneliti membuatkan matriks keterampilan untuk perusahaan. Dari hasil pengolahan data diperoleh prosentase waste (non value adding activity) tertinggi yaitu pada proses assembling dan jenis waste yang terjadi pada proses tersebut adalah motion waste, overprocessing, transportation dan waiting, selanjutnya dari hasil penerapan 5R yang dilakukan pada area assembling, diperoleh pengurangan waktu pada proses assembling sebesar 39 menit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering (26201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 01 Jun 2016 07:07
Last Modified: 01 Jun 2016 07:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31255

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo